Bingung di Mana Isi Liburan Lebaran? Yuk, ke Labuan Bajo!

Selasa, 26 April 2022 10:10 WIB

Penulis:redaksi

pulau padar.JPG
Pulau Padar, di Manggarai Barat, Flores (istmewa/www.google.com)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Labuan Bajo adalah sebuah sepetak surga tersembunyi yang ada di Indonesia bagian timur. Desa ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Labuan Bajo adalah salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas yang sedang dikembangkan di Indonesia. 

Situs www.indonesia.travel.id menggambarkan destinasi ini sebagai gerbang menuju Taman Nasional Komodo (TNK) yang menyimpan keindahan alam yang menakjubkan dan hewan purba yang mendunia. 

sumber: itimewa

Mulai dari hewan endemik komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo, deretan pulau eksotis, keragaman hayati bawah laut, hingga pantai yang indah mempesona. 

Menikmati pemandangan langit senja juga bisa menjadi cara lain menikmati Labuan Bajo. Spot strategis untuk menikmati keindahan senja ini berada tak jauh dari Bandar Udara Internasional Komodo. 

Anda dapat memilih destinasi Bukit Cinta, Puncak Amelia, dan Puncak Silvia, untuk mengabadikan langit senja yang menentramkan jiwa. Ada juga Gua Rangko yang memiliki pesona bak oasis dengan kolam air asinnya yang begitu menyejukkan.

Sumber foto: www.gotravelindonesiacom

Kalau Anda  ingin berpetualang di Labuan Bajo, trekking singkat ke Air Terjun Cunca Wulang bisa jadi pilihan. 

Tapi, jangan  sampai Anda melewatkan  pengalaman seru menjajal live-on-board. Di sana Anda akan  merasakan pengalaman unik tinggal di kapal pinisi selama beberapa hari sambil berlayar mengunjungi pulau-pulau yang indah sembari sesekali mencubur ke laut yang biru-bening,  menyelam untuk bercengkerama dengan aneka hewan laut yang cantik jemawa.

Ketika Anda berada di Taman Nasional Komodo, akan menyaksikan beberapa atraksi yang menakjubkan. Salah satunya adalah berselfie-ria dengan hewan purba,  Komodo. 

Ini tentu akan menjadi pengalaman tidak terlupakan seumur hidup yaitu berfoto bersama hewan langka yang hanya ada di Indonesia. 

Fasilitas mewah Kapal Phinisi Labuan Bajo (sumber: komodoboat.com)

Selain hewan purba komodo, taman nasional ini  menawarkan panoramanya yang memesona. Anda yang gemar  fotografi, wajib menenjakkan kaki di beberapa spot yang keindahannya tiada duanya.

 Sebut saja Pulau Padar yang ikonik dengan pulaunya yang berbentuk perbukitan. Dari puncaknya Anda dapat menyaksikan tiga garis pantai yang berbeda dengan gradasi laut biru yang menakjubkan. 

Pulau Kelor juga tidak kalah keren lho. pemandangan pulau dan laut biru jernih dari puncak Pulau Kelor begitu indah, sehingga sayang kalau dilewatkan. 

Spot lain yang tidak boleh ketinggalan adalah Pink Beach atau yang dikenal sebagai Pantai Merah oleh masyarakat lokal.

Anda tahu enggak? Warna merah di pantai ini ternyata berasal dari hewan mikroskopis dan pecahan batu karang berwarna kemerahan di sekitar pesisir pantai.

Nah, jadi, jika Anda belum masih bingung menentukan tempat untuk mengisi liburan Lebaran,  yuk ke Labuan Bajo.

Bagi Anda yang merayakan Idul Fitri, jangan kuaitir, di Kota Labuan Bajo terdapat paling tidak ada lima Mesjid besar. Anda dapat menjalani Sholat Id di salah satu Masjid itu.

Kemudian menikmati ‘gerbang menuju surga dunia’, anugerah keindahan alam  dari sang Maha Pencipta.***

Sumber: www.kemenparekraf.go.id.