Inilah Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Kamis, 29 April 2021 15:23 WIB

Penulis:MAR

Coconut Water.
Air kelapa.

BANDUNG (Floresku.com) - Selain menyegarkan tenggorokan, air kelapa juga bisa jadi menu berbuka puasa yang menyehatkan.

Seperti dikutp dari  laman Kontan oleh Jabarjuara.co dalam  buku berjudul Keampuhan Air dan Minyak Kelapa Bagi Kesehatan karya Tiara Putri, air kelapa mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, klorin, nitrogen, dan zat besi. 

Kandungan tersebut membuat air kelapa kerap digunakan untuk detoks. Selain itu, berikut manfaat lain yang dimiliki air kelapa.

Mengontrol gula darah

Air kelapa memiliki kadar gula rendah, hingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Minum air kelapa juga tidak akan membuat berat badan bertambah.

Mengontrol tekanan darah

Air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi alias hipertensi. 

Minum air kelapa bisa jadi pilihan untuk Anda yang tidak ingin minum obat dari dokter.

Menjaga asam lambung 

Air kelapa mengandung kalium tinggi sehingga bisa menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.  Hal itu membuat air kelapa dapat mengendalikan dan mengurangi risiko asam lambung. 

Melancarkan pencernaan

Kalium dalam air kelapa membantu proses metabolisme tubuh. Efeknya, proses pencernaan di dalam tubuh menjadi lancar dan adanya proses pembakaran lemak. 

Mencegah gangguan jantung dan ginjal 

Air kelapa juga dipercaya mampu meminimalisir risiko seseorang terkena gangguan jantung dan ginjal. Hal tersebut karena kandungan kalium dalam air kelapa berperan menjaga kesehatan jantung dan ginjal.