Kemenhub: Trem Otonom Akah Diuji Coba di IKN

Selasa, 06 Agustus 2024 15:41 WIB

Penulis:redaksi

trem.jpeg
Trem Otonom untuk IKN (Kemenhub)

IKAN (Floresku.com) - Infrastruktur pendukung di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dibangung dan dilengkapi sehingga memenuhi standar sebuah kota cerdas (smart city).

Selasa (6/8) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan sarana Trem Otonom (Autonomous Rail Transit/ART) siap diujicoba di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal 

Guna mendukung uji coba ini, Risal menyebut pihaknya tengah melakukan serangkaian pengujian. Mulai dari pengujian internal sarana, prasarana, dan Sumber Daya Manusia (SDM) ART. 

Pengujian internal ini diharapkan dapat rampung selambatnya pada 9 Agustus 2024. “Kami menargetkan ART sudah dapat diuji coba secara dinamis (bergerak) di rute pendek (loop kecil) pada 10 Agustus 2024,” kata Risal di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (6/8).

Rute pendek atau loop kecil merupakan rute uji coba melingkar dari Gedung Kemenko 3 menuju Gedung Kemenko 2. Lalu kembali ke Gedung Kemenko 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Uji coba ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan pengoperasian ART pada upacara HUT Kemerdekaan ke-79 RI 17 Agustus mendatang di IKN. Risal menerangkan, fase uji coba tersebut dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan, sejak uji coba dinamis. 

Pengujian dimaksudkan untuk lebih mengetahui kelayakan operasi ART. Tahap selanjutnya adalah evaluasi bersama DJKA dengan Otoritas IKN sebelum dipamerkan (showcase) untuk umum 10 Oktober-31 Desember 2024.

“Nantinya, ART akan berhenti di delapan halte di sepanjang ruas utama Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Terintegrasi dengan moda transportasi lainnya yaitu bus rapid transit (BRT)," kata Risal. (*)