Pada Kunjungan Bersejarah ke Irak, Paus Mampir di Kota Kelahiran Abraham

Rabu, 03 Maret 2021 21:45 WIB

Penulis:MAR

paus.jpg

Pada 5 hingga 8 Maret, Paus Fransiskus bakal melakukan kunjungan bersejarah ke Irak karena untuk  pertama kali pemimpin Gereja Katolik menginjakkan kaki di negara tersebut.

Seperti dikutip dari Arab News, Rabu 3 Maret 2021, berdasarkan penjelasan singkat dari Vatikan kepada pers, Paus Fransiskus akan terbang menuju Baghdad pada Jumat. Setibanya di sana ia akan disambut oleh perdana menteri Irak. Selain mengadakan misa, Paus memiliki sejumlah agenda, antara lain bertemu dengan Ayatollah Syiah Ali AL-Sistani. Setelah itu, Paus akan mengunjungi kota kuno Ur, yang dianggap oleh Alkitab sebagai tempat kelahiran Abraham.

Kemudian pada Minggu,  Paus terbang dengan helikopter ke Mosul, yang dari 2014 hingga 2017 adalah ibu kota de facto dari kekhalifahan yang diproklamasikan sendiri oleh Daesh. Di sana, Paus akan berdoa untuk menghormati para korban konflik di negeri ini.

Paus Fransiskus kemudian akan terbang ke Qaraqosh, kota mayoritas Kristen di mana pada 2014, sekitar 45 ribu orang diusir oleh Daesh, sebelum menuju ke Erbil untuk misa di stadion Franso Hariri.