Pelindo Maumere: Arus Penumpang Selama Liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Naik 20 Persen

Jumat, 12 Januari 2024 13:55 WIB

Penulis:redaksi

bro.jpeg
General Manager Regional 3 Cabang Maumere Erry Ardiyanto. (Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Maumere  mencatat kenaikan jumlah arus penumpang sebesar 20 persen  atau 18.267 penumpang dari pantauan di Posko Nataru Pelabuhan L. Say pada periode H-15 ( 10 Desember 2023) dan  hingga H+ 15 (9 Januari 2024) libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Jumlah ini meningkat dibandingkan periode yang sama pada Nataru 2022 sebelumnya yang mencapai   15.191 penumpang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh  General Manager Regional 3 Cabang Maumere Erry Ardiyanto.

Menurutnya jumlah tersebut merupakan data arus penumpang Nataru yang terdiri dari 8.595 Penumpang Naik Melalui Pelabuhan Maumere dan  9.672 penumpang Turun Melalu Pelabuhan Maumere.

Peningkatan penumpang Nataru 2023 tersebut didorong oleh sejumlah faktor, pelonggaran persyaratan perjalanan dibanding Nataru sebelumnya, dan libur Nataru yang berdekatan sehingga berdampak pada tingginya antusiasnya masyarakat untuk melakukan perjalanan melalui Jalur Laut pada periode Nataru Sebelumnya

“Kenaikan ini kami prediksi bersama dengan KSOP sehingga kami yang bertugas di Pelabuhan L. Say Maumere antisipasi dengan menyiapkan dua terminal yaitu terminal penumpang baru dua lantai  dan terminal penumpang lama ditambah Dukungan Tenda Kompi dari Pangkalan TNI AL Maumere yang dapat menampung lonjakan penumpang melalui Pelabuhan Maumere, ujar Erry Ardiyanto .

 "Alhamdulillah kami bisa melayani arus mudik Nataru ini dengan baik tanpa ada kendala berarti sehingga pelayanan tahun ini berjalan lancar, aman dan tertib dengan dukungan penuh dari Stake holder dilingkungan Pelabuhan L. Say Maumere”, ujar Erry lagi.

Pra yang akrab disapa Bro Erry itu  menambahkan kenaikan penumpang tersebut terjadi  akibat libur sekolah dan adanya surat edaran dari Pemerintah atas cuti bersama.

Selain itu Pelabuhan Maumare mencatat adanya peningkatan produktifitas pelayanan operasional bongkar muat secara keseluruhan baik bongkar muat barang, petikemas, maupun kendaraan RoRO yang meningkat dibandingkan periode sebelumnya.

Hal ini disebabkan oleh adanya pelayanan untuk Petikemas berpindingin atau Reefer Container yang menggunakan fasilitas Reefer Plug di Pelabuhan Maumere. Serta penggunaan fasilitas Dermaga IV untuk pelayanan Kapal RoRo dan Pesiar.

Dengan adanya peningkatan tersebut Pelindo Maumere menambahkan fasilitas pendukung untuk pelayanan monitoring reefer plug diarea pelabuhan seperti penambahan daya listrik dan fasilitas plug dari 6 unit menjadi 14 unit sehingga pelayanan reefer plug menjadi optimal dan harapanya Eksport komoditi hasil laut seperti ikan bisa langsung melalui pelabuhan Maumere.

“Tak hanya dalam momen Nataru, dalam hal pelayanan Pelindo kami akan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik dan efisien kepada pengguna jasa terutama para penumpang yang melalui moda transportasi laut", pungkas Bro Erry ini. (Mardat). ***