Pesta Inspiratif: Demi Kerajaan Allah Orang Mesti Mengorbankan Segalanya.

Rabu, 31 Juli 2024 08:44 WIB

Penulis:redaksi

gregor2.jpg
Pater Gregor Nule, SVD (Dokpri)

Oleh: Pater Gregor Nule, SVD

YESUS  adalah Juruselamat dunia. Dia mewartakan dan menghadirkan Kerajaan Allah di dunia.  Yesus juga ajak semua orang untuk datang kepada-Nya, percaya kepada-Nya dan menjadi anggota Kerajaan Allah atau umat Allah.

Kerajaan Allah adalah keadaan di mana Allah hidup dan meraja. Hukum utama dan tertinggi Kerajaan Allah adalah cinta kasih. Nilai-nilai Kerajaan Allah adalah  sukacita, damai sejahtera, keadilan, kerahiman, solidaritas, persaudaraan, persekutuan dan kerukunan .

Setiap orang rindu menjadi anggota Kerajaan Allah. Tetapi Kerajaan Allah menuntut perjuangan dan pengorbanan. Niat baik dan kerinduan saja belum cukup. Orang mesti bekerja kerja keras untuk mendapatkannya.

Injil menampilkan Kerajaan Allah sebagai harta yang terpendam di ladang dan mutiara yang sangat indah.  Untuk mendapatkannya orang wajib korbankan segala yang dimiliki. Orang mesti menjual segala miliknya untuk membelinya (bdk Mat 13, 44.46).

Kerajaan Allah sudah hadir di dunia ini dan harus mulai dialami manusia di dunia  ini pula. Bukan menjadi tujuan akhir manusia. Bukan hanya menjadi keadaan istimewa, yakni selamat dan bersatu dengan Allah, yang dialami pada akhir zaman.

Karena itu, orang-orang kristen dipanggil untuk hidup sebagai anak-anak terang sementara menjalani hidup dunia ini. Orang-orang kristen mesti menghadirkan Kerajaan Allah melalui.hidup dan. Karya.

Bukti bahwa Kerajaan Allah sudah sungguh hadir di sini dan sekarang apabila kita hidup dalam damai sejahtera dan hukum cinta kasih menjiwai seluruh sikap, kata-kata dan tingkah laku kita. Ketika orang  hidup dalam kerukunan, persaudaraan, kesatuan, persekutuan, dan kerelaan untuk saling mengampuni.

Tetapi, kita pun mesti waspada terhadap anti nilai dan hal-hal yang bertentangan dengan Kerajaan Allah, seperti permusuhan, konflik, pembunuhan, egoisme, iri hati, kebencian dan macam-macam hal negatif lain yang merugikan manusia dan kepentingan bersama.

Mari kita berjuang agar Kerajaan Allah yang menjadi nilai tertinggi  dan tujuan utama hidup kita milikinya selama berziarah di bumi dan di akhirat kelak. Semoga!

Kewapante, 31 Juli 2024