Hari Ini Pohon Natal Tiba di Vatikan, Tradisi Ini Ternyata Baru Diperkenalkan oleh Paus Yohanes Paulus II

Rabu, 24 November 2021 20:24 WIB

Penulis:redaksi

Editor:redaksi

Pohon Natal 2021 tiba di Lapangan Santo Petrus Vatikan, hari ini, Rabu 24 November 2021
Pohon Natal 2021 tiba di Lapangan Santo Petrus Vatikan, hari ini, Rabu 24 November 2021 (twitter wetn vatican)

VATIKAN (Floresku.com) - “Hari ini, Rabu, 24 November 2021, EWTN Vatican mengunggah video pemasangan Pohon Natal di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.” Demikian berita video yang ditayangkan katolikku.com, mitra media ini bebeberapa waktu lalu.

Melansir media Vatikan, EWTN, katolikku.com kemudian menambahkan,  "Pohon Natal 2021 tiba di Vatikan. Pohon cemara merah setinggi 28 meter ini berasal dari sebuah hutan di Andalo, di wilayah Trentino Italia utara. Peresmian tradisional adegan Kelahiran dan penyalaan pohon Natal dijadwalkan pada 10 Desember."

Diperkenalkan Paus Yohanes Paulus II

Pohon Natal Vatikan, juga disebut Pohon Natal Lapangan Santo Petrus, adalah pohon hias yang didirikan setiap tahun di Lapangan Santo Petrus tepat di depan Basilika Santo Petrus di Kota Vatikan. Pohon Natal itu dihadirkan untuk menyemarakan  musim liburan Natal.

Tradisi menempatkan pohon Natal serta tempat Natal seukuran aslinya di Lapangan Santo Petrus dimulai pada tahun 1982 selama masa kepausan Paus Yohanes Paulus II, ketika Paus kelahiran Polandia memperkenalkan simbol semangat Natal Eropa utara. 

Tradisi mendirikan Pohon Natal dirayakan di Eropa utara dan di Polandia, negara asal Paus Yohanes Paulus II, tetapi tidak di Vatikan pada saat itu.

Pohon pertama berasal dari Italia. Sejak itu, persembahan Pohon Natal kepada Paus telah menjadi suatu kehormatan, dan setiap tahun Vatikan menerima sebuah pohon yang disumbangkan oleh negara atau wilayah Eropa yang berbeda.

Pohon Natal dipasang di tengah Lapangan Santo Petrus, bersama dengan kandang Natal seukuran manusia yang diresmikan pada Malam Natal.

Kandang Natal memiliki tujuh belas patung seukuran manusia. Dari jumlah tersebut, sembilan adalah figur asli yang disumbangkan pada tahun 1842 oleh Saint Vincent Pallotti untuk adegan kelahiran di gereja Roma Sant'Andrea della Valle, dan delapan figur lainnya ditambahkan selama bertahun-tahun. 

Pada tahun 2006 provinsi Trentino Italia, dan dewan lokal desa Tesero, telah menyediakan tiga belas patung kayu dan hewan, serta peralatan rumah tangga untuk penggambaran kehidupan sehari-hari. 

Kandang Natal dari Peru

Seperti yang telah menjadi kebijakan dalam beberapa tahun terakhir, Kegubernuran Vatikan bertanggung jawab atas “penerangan” dengan sistem listrik LED konsumsi energi rendah.

Setelah diresmikan, pohon itu akan dipamerkan untuk para peziarah dan turis di pusat Alun-alun, tepat di sebelah Kandang Natal hingga Minggu, 9 Januari 2022. 

Kandang Natal tahun ini telah disumbangkan ke Vatikan oleh otoritas Peru dan sebagai wujud  penghormatan kepada masyarakat dan budaya asli Andes kuno.  (MAP)***