Samsat Sikka Bersinergi dengan Polres Sikka Gelar Vaksinasi bagi Warga Kabupaten Sikka

Kamis, 16 Desember 2021 10:12 WIB

Penulis:redaksi

Susana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di di halaman Kantor Samsat, Maumere, Senin, 13 Desember 2021.
Susana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di di halaman Kantor Samsat, Maumere, Senin, 13 Desember 2021. (Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Samsat Kabupaten Sikka bersinergi dengan Polres Sikka menyelengarakan vaksinasi Covid-19, Senin, 13 Desember 201 di Halaman Kantor Samsat.

Pantauan media ini,  antusiasme masyarakat Kabupaten Sikka-NTT untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, tinggi. Hal ini terlihat dari ramainya antrian peserta vaksinasi Covid-19 di Kantor Samsat.

Jumlah warga Sikka yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 di lokasi itu tercatat 800 orang. Jenis vaksinasi yang diberikan ialah Vaksin Sinovac.

Kepala Samsat Kabupaten Sikka Stanislaus Kesa Jawan kepada awak media mengatakan demi menyukseskan program pemerintah dalam target mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity maka pihaknya melakukan kerjasama dengan Polres Sikka untuk melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat Kabupaten Sikka.

“Untuk itu kami berinisiatif melakukan koordinasi dengan lintas sektor dengan Polres Sikka, Dinas Kesehatan dan beberapa instansi terkait untuk melakukan vaksin masal Covid-19 baik dosis pertama maupun dosis kedua di kantor Samsat Maumere,” ucapnya.

Kepala Samsat Kabupaten Sikka Stanislaus Kesa Jawan (kiri), dan warga yang antisias mengantri untuk mendaftarkan diri untuk divaksin (kanan) (Foto: Mardat).

Diakui Stanis, target awal hanya mendapat dosis 500 namun antusias warga Kabupaten Sikka cukup tinggi sehingga pihaknya berkoordinasi dengan Kapolres Sikka dengan Dinas Kesehatan untuk penambahan dosis sehingga pada hari ini bisa melebihi 1000 dosis.

“Ini kali pertama melakukan vaksin di kantor Samsat. Selain melakukan kegiatan vaksin, kami juga melakukan sosialisasi kepada seluruh peserta vaksin tentang pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor dan pelayanan SIM keliling di Kantor Samsat Maumere,” ujarnya.

Untuk diketahui, tenaga kesehatan yang membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yakni dari Polres Sikka dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka.

Nurwati Salah satu warga Kota Maumere, Maria Oktaviana usai menerima suntikan vaksin mengakui dirinya mengikuti vaksinasi Covid-19 agar terhindar dari paparan virus Corona.

“Vaksinasi adalah salah satu hal yang penting kita lakukan di masa-masa pandemi ini. Pandemi memang mengharuskan kita melakukan kebiasaan baru. Selain menerapkan protokoler kesehatan dalam aktivitas sehari-hari,” ujar Oktaviana.

Pada kesempatan itu, Nurwati juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut gerakan vaksinasi Covid-19. Semakin banyak yang divaksin, maka target mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity akan segera terbentuk.

“Dengan demikian, virus ini akan mudah dikendalikan. Mari kita ikuti anjuran pemerintah demi kebaikan bersama,” kata Nurwati. (Marat)