Sikka Kirim Satu Atlet Cabang Bela Diri Tarung Derajat ke PON XX di Papua

Senin, 13 September 2021 14:50 WIB

Penulis:Redaksi

Editor:redaksi

ATLET.jpg
Bupati Sikka melepas atlet Bela Diri Tarung Derajat untuk ikut PON XX Paupua (Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -Atlet tarung derajat asal Kabupaten Sikka Yoseph Amormeus yang akan berangkat ke Timika Papua untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional  XX  di cabang Bela Diri Tarung Derajat yang berlangsung pada  tanggal 08 hingga 12 Oktober 2021.

Acara pelepasan dilakukan oleh Bupati Sikka dan berlangsung di Rumah jabatan Bupati Sikka di jalan Eltari Kelurahan Kota Uneng Kecamatan Alok pada Senin, 13 September 2021, pagi tadi.

Yoseph Amormeus yang didampingi oleh pelatih Fransiskus Federikus bersama asisten pelatih Ambrosius Moa ketiganya akan berangkat dari Maumere menuju ke Kupang untuk mengikuti karantina bersama para atlet lainnya selama tiga minggu di Kota Kupang. Selanjutnya kontingen atlet tarung derajat asal NTT tersebut berangkat dari Kupang tanggal 4 Oktober 2021 menuju ke Timika Papua.

Dalam Pelepasan Bupati Sikka Fransiskus Roberto  Diogo S.Sos.M.si mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka, dirinya sangat mendukung dan memberikan support penuh kepada atlet dan pelatih dalam mengikuti PON  XX di Papua.”

" Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka sangat mendukung penuh saudara Amormeus untuk mengikuti kejuaraan bergengsi  dalam olahraga bela diri tarung derajat pada PON  ke XX di Papua nanti", ujarnya.

Kepada atlet Amormeus dia berpesan agar tetap menjaga diri dan mempertahankan displin serta mengikuti tata cara pertandingan  dengan baik. Sehingga atlit utusan dari Sikka dapat ini meraih juara dan membawa pulang medali ke NTT nian tanah Sikka khususnya.

"Tetap semangat jaga diri, jaga fisik dan mental, ikuti pertandingan dengan baik dan semoga juara dan bisa membawa pulang medali ke Nian Tana Sikka, jaga nama baik NTT dan kabupaten Sikka", ungkap Robi Idong.

Hadir pada acara pelepasan tersebut Ketua harian KONI Kabupaten Sikka Rudolfus Ali, pelatih, asisten pelatih dan atlit tarung derajat atas nama Yoseph Amormeus.

Pada kesempatan itu, Bupati Sikka juga menyerahkan uang saku kepada tim atlet sebesar 20 juta rupiah. 

Sekadar informasi, Tarung Derajat adalah seni bela diri khas suku Sunda  yang diciptakan oleh Achmad Dradjat. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung. Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri. (Mardat)