Yuk, Kapan-kapan Kita ke Ai Mitat

Rabu, 16 Oktober 2024 21:13 WIB

Penulis:redaksi

Editor:redaksi

AIR TERJUN MAITA.jpg
Air terjun Ai Mitat Maumere (Paul)

MAUMERE (Floresku.com) – Kabupaten Sikka, NTT memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Air Terjun Ai Mitat yang terletak di sebelah barat Kota Maumere, tepatnya di Dusun Ai Mitat, Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat.

Jarak dari Kota Maumere ke lokasi air terjun Ai Mitat, tak jauh, sekitar  8 kilometer. 

Pengunjung bisa mencapai lokasi tersebut menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Namun, kendaraan hanya bisa sampai ke Dusun Ai Mitat.

Selanjutnya, dari Dusun Ai Mitat, pengunjung harus berjalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih empat kilometer. 

Jalur ini tergolong ringan dan bisa dicapai dalam waktu 1 jam sembari berjalan santai. 

Dan, jangan kuaitir selama perjalanan menuju mata air, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah mempesona. Jika memandang ke arah timur laut, pengunjung akan menyaksikan hamparann Kota Maumere dan laut biru di latar belakangnnya. 

Perjalanan ini tidak akan terasa lama karena sepanjang perjalanan menuju air terjun pengunjung bisa melihat flora dan fauna yang memukau.

Selama perjalanan, pengunjung akan dihiburi oleh ‘musik alamiah’ berupa gemercik air, suara burung, dan angin yang bertiup sepoi-sepoi akan menemani perjalanan wisatawan. 

“Semua lelah yang dirasakan saat menempuh perjalanan menuju air terjun akan terbayar ketika tiba di lokasi Air Terjun Ai Mitat,” kata Yonas (17) membuka cerita perjalanannya kepada Floresku.com

Susana sepanjang perjalanan ke sana, sangat menyenangkan. 

“Suasana terasa lebih menyenangkan, saat tiba di lokasi air terjun,” ungkap Simon (16).

“Ada banyak pepohonan besar di sekitar air terjun. Selain itu, ada bebatuan besar yang tersusun rapi yang berada di sekitar air terjun menjadi tempat duduk bagi pengunjung dan menarik dijadikan latar berelfie,” Martin menambahkan..

Menrutu Paul, Air Terjun Ai Mitat unik karena airnya yang tampak kehitaman. Lagi pula, di dasar air terjun terdapat semacam kolam yang cukup luas, seukuran lapangan futsal dengan kedalaman kurang lebih 1,5 meter. 

"Air terjunnya sangatlah indah.Suasana alam di sekitarnya sejuk karena ditumbuhi banyak pohoh," kata Paul yang didaulat teman-temannya sebagai ketua kelompok wisata.

“Yang tak kalah menarik, airnya dingin. Badan terasa segar  saat kami berendam di kolam, di dasar air terjun,” Domi, menambanhkan.

Begitu kisah kelompok remaja pria yang baru saja menyambangi Air Terjun Ai Mitat, akhir pekan lalu. 

Paul menutup kisah perjalanan wisatanya dengan berkata, “Yuk, kapan-kapan kita ke Ai Mitat,” (Silvia). ***