Anak Motor Bold Riders dan Fans Club Super Friends di Kupang Gelar Donor Darah Bareng

redaksi - Selasa, 02 November 2021 21:35
Anak Motor Bold Riders dan Fans Club Super Friends di Kupang Gelar Donor Darah BarengAnak Motor Bold Riders dan Fans Club Super Friends di Kupang Gelar Donor Darah Bareng (sumber: Istimewa)

KUPANG (Floresku.com) - Sebanyak delapan komunitas dari anak motor Bold Riders dan fans club Super Friends Kupang berkolaborasi menggelar donor darah bareng. Donor ini dilaksanakan mulai tanggal 21 Oktober hingga 24 Oktober 2021 di kantor PMI Kupang.

Koordinator donor darah di Kupang Maruli Manurung mengatakan donor dibagi dalam tiga tahapan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan serta memberikan kesempatan kepada komunitas untuk menyesuaikan harinya.

"Donor darah tahun ini animo dari komunitas sangat tinggi, jika tahun lalu hanya ada tiga komunitas dengan jumlah 41 orang pendonor, tahun ini bertambah menjadi enam komunitas. Ada dari Bold Riders CBR Riders Kupang, kemudian R15, motor custom Timor Classic, KOMET, dan CB ita esa rote. Untuk fans club ada dari ICI Reg Kupang, PRMI Kupang, dan United Indonesia Kupang" katanya pada Selasa, 26 Oktober 2021 lalu.

Kata dia banyak keseruan yang dihadirkan para komunitas saat donor bareng ini, seperti mereka membawa atribut kebanggaan komunitas masing-masing. Untuk fans club ada yang bawa bendera, syal, dan anak motor tentunya kendaraan kesayangan mereka yang turut menemani saat donor darah dilakukan.

"Untuk jumlah peserta yang hadir ada 96 peserta, namun dari jumlah itu yang lolos untuk donor ada sekitar 67 peserta, sisanya 29 peserta yang sudah datang belum bisa diambil darahnya," katanya.

Menurutnya ada berbagai faktor kenapa 29 anggota komunitas ini gagal donor, pertama karena saat akan diambil darahnya tekanan darah rendah, kemudian berat badan tidak mencukupi atau di bawah 45 Kg , kemudian ada juga jarak setelah vaksin terlalu dekat atau kurang dari sepekan.
Dengan donor bareng ini maka komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) selain bisa membantu sesama, mereka juga makin akrab dan bisa meningkatkan jaringan sesama komunitas KITA di Kupang.

Kegiatan Donor Darah  #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia Kolaborasi KITA(MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu  Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.

Untuk menggugah semangat nasionalisme dan jiwa kebangsaan di antara ribuan anggota komunitas, kembali Kolaborasi KITA kembali menggelar kegiatan donor darah bertajuk Bakti Pemuda, #SetetesDarahUntukNegeri 2021. Kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda ini akan melibatkan lebih dari 800 komunitas dengan ribuan anggota di 88 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

Program donor darah #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah di inisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020. Seperti Program ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ yang dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Raya Kurban 1442 Hijriah ini berlangsung pada 20-23 Juli 2021. Selain itu, ada juga program Tanggap Bencana (Tagana) KITA yang merupakan kegiatan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana.  

Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur. (*) ***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS