Beny Nurdin: 'Mencerdaskan Anak Bangsa Bukan Hanya Tugas Guru'

redaksi - Kamis, 21 Oktober 2021 16:27
Beny Nurdin: 'Mencerdaskan Anak Bangsa Bukan Hanya Tugas Guru'Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat di depan para siswa SMKN 3 Komodo, Manggarai Barat (sumber: Tedy N)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Benediktus Nurdin (Beny Nurdin), Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat di depan para siswa SMKN 3 Komodo menyampaikan bahwa upaya-upaya mencerdaskan anak bangsa bukan hanya tugas guru semata, melainkan tugas semua orang. Siapapun bisa menjadi guru.

Hal ini disampaikan oleh Beny Nurdin di dalam sambutan singkatnya ketika ia menyambangi lembaga pendidikan SMKN 3 Komodo dalam rangka mendonasikan buku sejumlah dua ribu eksemplar, Kamis, 21/10/2021.

Menurut Beny Nurdin, tingkat kesejahteraan masyarakat sangat berkaitan erat dengan kondisi sumber daya manusia (SDM).

Baca juga:Cerita Keseharian Ibu-Ibu Penjaja Buah Segar di 'Rumah Kalwat' Hokeng

"Sebenarnya, tingkat kesejahteraan masyarakat itu tergantung pada kualitas SDM-nya. Jika SDM unggul, maka otomatis cara pikir dan kerja masyarakat juga lebih maju. Nah, dengan demikian kesejahteraan pun akan meningkat seiring dengan majunya cara pikir masyarakat", kata Beny Nurdin selaku Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Mabar itu.

Beny Nurdin melanjutkan bahwa selain alasan di atas, banyak hal yang menjadi faktor utama dalam memunculkan andrenalinnya untuk mendonasikan sebanyak-banyaknya buku ke setiap sekolah, paroki dan kampung-kampung.

Alasan tersebut adalah berkaitan dengan misi kemanusiaan. Baginya, memanusiakan manusia itu sangat penting. Karena banyak di era reformasi sekarang terjadi ketimpangan sosial yang cukup besar. 

Baca juga: Dua Siswi SMPK VIFI lolos KSN 2021 Ke Jenjang Nasional

Situasi ketimpangan ini yang menciptakan kelas-kelas tertentu. Misalnya, kelas orang kaya dan orang miskin. Di dalam kelas ini terjadi pertentangan saling menguasai. Si kaya menguasai si miskin. Sehingga yang miskin semakin miskin, dan yang kaya semakin kaya. 

Apalagi saat ini Labuan Bajo menjadi kota super premium, yaitu primadona yang ditargetkan para investor-investor besar. Karena itu, kita tidak boleh terlarut dalam tidur panjang. Mari kita menyiapkan SDM yang mumpuni dalam menghadapi status kota super premium ini.

"Oleh karena itu, untuk menuntaskan relasi seperti itu, saya berniat untuk membuka cakrawala pikir semua generasi penerus bangsa agar mulai saat ini harus membaca sebanyak-banyaknya buku".

Baca juga:Cegah Covid-19, Polsek Satarmese Laksanakan Vaksinasi Tahap I di Dua Kecamatan

"Hingga saat ini, saya bekerjasama dengan komunitas literasi Gerakan Katakan Dengan Buku (GKDB) untuk menyiram sebanyak-banyaknya buku ke pelosok Manggarai Barat ini tanpa batas jumlahnya. Seberapapun jumlah yang dibutuhkan akan kami sediakan", tutup Anggota DPRD termuda di Mabar itu.

Kesempatan lainnya, Hortensia Herima, S.Pd Kepala Sekolah di SMKN 3 Komodo di depan ratusan siswanya menyampaikan terima kasih atas kejutan dari pak Beny di mana buku yang dibagikan sangat banyak.

"Terima Kasih Pak Beny, semoga kebaikan ini terus berlanjut bukan hanya di SMKN 3 Komodo tetapi juga untuk semua masyarakat Mabar. Untuk anak-anak mari kita berdoa agar Pak Beny selalu diberikan kesehatan dan semangat dalam menjalankan misi ini", kata Herima.

Baca juga: Lestarikan Budaya Tenun Songke, Dekranasda Mabar Gelar Pelatihan Kecakapan Wirausaha

Untuk diketahui, Beny Nurdin telah giat melakukan donasi buku sejak Bulan Maret 2021. Kegiatan ini dilakukannya atas kerja sama dengan Komunitas Gerakan Katakan Dengan Buku (GKDB) yang digagas oleh Jhon Lobo seorang tenaga pendidik yang mengajar di Mojokerto. Mereka ini mempunyai misi yang sama dalam memberantas buta huruf.

Hingga saat ini jumlah buku yang dibagikan mencapai ratusan ribu eksemplar. Jumlah ini sangat besar karena didistribusikan ke semua kalangan masyarakat, seperti Gereja, Kampung, Taman Baca, dan Sekolah-sekolah di seluruh Kabupaten Manggarai Barat. (Tedy N). ***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS