Beri Ucapan Selamat HPN ke-78, Menag Yaqut Harap Pers Kawal Pemilu Jurdil dan Rahasia

redaksi - Jumat, 09 Februari 2024 14:59
Beri Ucapan Selamat HPN ke-78, Menag Yaqut Harap Pers Kawal Pemilu Jurdil dan RahasiaMenteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (sumber: Istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan ucapan selamat Hari Pers Nasional (HPN) ke-78, Jumat, 9 Februari 2024 (9/2). 

Selain itu Menag Yaqut pun berharap pers Indonesia terus berkembang memberikan pencerahan kepada umat dan menguatkan kerukunan bangsa.

Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 jatuh pada hari ini, Jumat (9/2) ini berdekatan dengan pelaksanaan Pemilu 2024. Oleh karena itu, Menag berharap, pers berperan signifikan untuk mengawal pemilu yang jujur, adil, dan rahasia.

"Sebagai pilar demokrasi keempat, pers memiliki peran strategis dalam mengawal setiap tahapan pembangunan bangsa. Termasuk dalam masa transisi kepemimpinan nasional,” kata Yaqut dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (9/2/2024).

Pria yang akrab disapa Gus Men ini mengatakan, pers harus dapat mengedukasi umat untuk menggunakan hak suaranya secara bertanggung jawab. Dia berharap, pers terus mengedukasi masyarakat untuk menggunakan hak suaranya pada 14 Februari 2024.

Dia juga mengapresiasi tema HPN 2024 yakni, "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa". Menurutnya, tema ini sangat relevan dengan konteks kebangsaan masa kini.

“Sebagai pesta demokrasi lima tahunan, pemilu tidak boleh merobek rajutan kerukunan bangsa. Setiap potensi segregasi karena perbedaan pilihan harus bisa dimitigasi dan diminimalisir setelah pemilu,” ujarnya.

“Pers juga terbukti berperan strategis. Utamanya, dalam ikut menjaga keutuhan bangsa,” ucapnya. (SP/AD). ***

RELATED NEWS