Dari Kamp Pengungsi Lesbos, Yunani, Paus Fransiskus Kecam Ketakpedulian Eropa Atas Nasib Para Migran di Mediterania

redaksi - Minggu, 05 Desember 2021 20:59
Dari Kamp Pengungsi Lesbos, Yunani, Paus Fransiskus Kecam Ketakpedulian Eropa Atas Nasib Para Migran di MediteraniaPaus Fransiskus mengunjungi kamp pengungsi Mavrovouni di pulau Lesbos Yunani pada 5 Desember 2021 (sumber: Media Vatikan)

ATHENA (Floresku.com) - Dari sebuah kamp pengungsi di Pulau Lesbos Yunani, Paus Fransiskus mengecam ketidakpedulian Eropa terhadap nasib para migran di Mediterania sebagai "peradaban yang karam."

“Mediterania, yang selama ribuan tahun telah menyatukan berbagai bangsa dan negeri yang jauh, kini menjadi kuburan suram tanpa batu nisan. 

Cekungan air yang besar ini, tempat lahirnya begitu banyak peradaban, sekarang tampak seperti cermin kematian,” kata Paus Fransiskus di Lesbos pada 5 Desember. 

“Jangan biarkan laut kita berubah menjadi lautan kematian yang sunyi. Jangan biarkan tempat perjumpaan ini menjadi teater konflik. … Tolong, saudara dan saudari, mari kita hentikan kapal karam peradaban ini,” katanya. 

Sekitar 200 pengungsi hadir untuk menyambut paus di pusat penerimaan dan identifikasi migran Mavrovouni yang terletak di sepanjang pantai Lesbos, menurut Vatikan.

Paus Fransiskus berjabat tangan dan memberikan berkah kepada para migran yang ditemuinya saat dia berjalan melewati kamp.
“Saudara-saudara, saya di sini sekali lagi, untuk bertemu dengan Anda dan untuk meyakinkan Anda tentang kedekatan saya. Aku di sini untuk melihat wajahmu dan menatap matamu. Mata penuh ketakutan dan harapan, mata yang melihat kekerasan dan kemiskinan, mata yang terlalu banyak berlinang air mata,” katanya dalam pidatonya.

“Mereka yang takut padamu belum melihat wajahmu. Mereka yang takut kepada Anda belum melihat anak-anak Anda. Mereka telah lupa bahwa martabat dan kebebasan melampaui ketakutan dan perpecahan. Mereka lupa bahwa migrasi bukanlah masalah bagi Timur Tengah dan Afrika Utara, bagi Eropa dan Yunani. Ini adalah masalah bagi dunia,” katanya. 

Lesbos, juga dikenal sebagai Lesvos dan Mytilene, adalah rumah sementara di Laut Aegea bagi ribuan migran. Kamp Mavrovouni baru yang dikunjungi paus memiliki kapasitas 8.000 orang, tetapi tidak penuh karena pembatasan COVID-19.

Dalam pidatonya, Paus Fransiskus berulang kali mengutip Elie Wiesel, penyintas Auschwitz dan penulis yang meninggal pada 2016.

“'Ketika kehidupan manusia terancam, ketika martabat manusia dalam bahaya, perbatasan nasional menjadi tidak relevan,'” kata paus, mengutip Pidato Penerimaan Hadiah Nobel 1986 Wiesel. 

Dalam pertemuan dengan para migran di Siprus dua hari sebelumnya, Paus Fransiskus juga mengangkat Kamp konsentrasi Nazi ketika membahas penderitaan para migran.

“Kami mengeluh ketika kami membaca kisah-kisah kamp-kamp abad terakhir, kisah-kisah Nazi, kisah-kisah Stalin. Kami mengeluh ketika kami melihat ini dan berkata, 'tetapi bagaimana ini bisa terjadi?' Saudara dan saudari, itu terjadi hari ini, di pantai terdekat,” kata paus di Nicosia pada 3 Desember.

Paus Fransiskus mengatakan di Lesbos bahwa dia tertekan ketika dia mendengar proposal bahwa dana bersama digunakan untuk membangun tembok. 

“Masalah tidak diselesaikan dan koeksistensi ditingkatkan dengan membangun tembok yang lebih tinggi, tetapi dengan menggabungkan kekuatan untuk merawat orang lain sesuai dengan kemungkinan konkret masing-masing. dan menghormati hukum, selalu mengutamakan nilai yang tidak dapat dicabut dari kehidupan setiap manusia, ”katanya.

Ini adalah kunjungan kedua Paus Fransiskus ke Lesbos, yang berpenduduk sekitar 115.000, dan menampung lebih dari 17.000 pengungsi sebelum kamp Moria terbakar pada 8 September 2020.

Paus Fransiskus melakukan kunjungan sepanjang hari ke pulau itu pada April 2016 di mana ia mengunjungi kamp pengungsi Moria dan kembali membawa 12 pengungsi bersamanya ke Italia.

“Lima tahun telah berlalu sejak saya mengunjungi tempat ini… Setelah sekian lama, kita melihat bahwa hanya sedikit yang berubah sehubungan dengan masalah migrasi,” kata paus.

“Dengan penyesalan yang mendalam, kita harus mengakui bahwa negara ini, seperti negara lain, terus mengalami tekanan, dan bahwa di Eropa ada orang-orang yang tetap memperlakukan masalah ini sebagai masalah yang bukan urusan mereka,” kata Fransiskus.

Selama kunjungannya ke kamp, ​​​​Paus Fransiskus mendengarkan kesaksian dari Christian Tango Mukaya, seorang pengungsi Katolik dari Republik Demokratik Kongo. (MLA)

Editor: redaksi

RELATED NEWS