Ini Dia, Matthew Crooks, Anak Muda yang Mencoba Menembak Mati Donald Trump

redaksi - Senin, 15 Juli 2024 17:06
Ini Dia, Matthew Crooks, Anak Muda yang Mencoba Menembak Mati Donald TrumpThomas Matthew Crooks (sumber: www.jeanmarcmorandini.com)

PENNISYLVANIA (Floresku.com) - Berita tentang penembakan atau percobaan pembunuhan atas mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, Sabtu (13/7) waktu AS, membuat heboh masyakarakat dunia. 

Daerah pinggiran kota kecil Pittsburgh di Bethel Park di Pennsylvania pun sangat  terguncang setelah FBI menyebut seorang pemuda setempat, Thomas Matthew Crooks, sebagai orang yang menembak Donald Trump selama rapat umum kampanye dan menggemparkan negara.

Para penyelidik yakin bahwa Crooks, yang bersenjata senapan semi-otomatis AR-15, melepaskan tembakan ke mantan presiden tersebut saat ia berpidato di hadapan khalayak ramai di Butler, Pennsylvania, yang mengakibatkan satu orang penonton tewas dan dua lainnya luka-luka.

Pekerja dapur berusia 20 tahun itu ditembak mati di tempat kejadian oleh penembak jitu Dinas Rahasia, kata para pejabat.

Namun, di kota kelahirannya yang makmur, para tetangganya terkejut, tampaknya tidak dapat memahami bagaimana seorang pemuda pendiam kini dituduh melakukan penembakan.

FBI, pada bagiannya, hanya mengatakan bahwa Crooks adalah "subjek yang terlibat dalam upaya pembunuhan terhadap mantan presiden tersebut dan bahwa penyelidikan aktif sedang berlangsung."

Siapakah Thomas Matthew Crooks?

Thomas Crooks tidak membawa identitas, jadi para penyelidik menggunakan DNA dan teknologi pengenalan wajah untuk mengidentifikasinya, kata FBI.

Dia berasal dari Bethel Park di Pennsylvania, sekitar 70 km (43 mil) dari lokasi percobaan pembunuhan, dan lulus pada tahun 2022 dari Sekolah Menengah Atas Bethel Park dengan hadiah $500 (£385) untuk matematika dan sains, menurut surat kabar lokal.

Crooks bekerja di dapur panti jompo setempat yang hanya berjarak tempuh singkat dari rumahnya, BBC memahami.

Catatan pemilih negara bagian menunjukkan bahwa dia adalah seorang Republikan terdaftar, menurut media AS.

Dia juga dilaporkan telah menyumbangkan $15 untuk kelompok kampanye liberal ActBlue pada tahun 2021.

Dia menjadi anggota klub menembak lokal, Clairton Sportsmen's Club, setidaknya selama satu tahun.

Menurut situs webnya, klub tersebut berpusat di selatan Pittsburgh dan merupakan "salah satu fasilitas menembak utama di wilayah tiga negara bagian" Pennsylvania, New York, dan New Jersey. Klub ini memiliki lebih dari 2.000 anggota.

Tempat itu memiliki beberapa lapangan tembak, termasuk fasilitas senapan berdaya tinggi dengan target hingga jarak 171 meter.

"Jelas, klub itu sepenuhnya menegur tindakan kekerasan yang tidak masuk akal itu," kata pengacara Robert S Bootay III, yang mewakili organisasi itu, kepada Los Angeles Times.

Petugas penegak hukum yakin senjata yang digunakan untuk menembak Donald Trump dibeli oleh ayah Crooks, kantor berita Associated Press melaporkan.

Berbicara dengan syarat anonim, dua petugas mengatakan kepada AP bahwa ayah Crooks membeli senjata setidaknya enam bulan lalu.

Menurut laporan media AS, Crooks mengenakan kaus dari Demolition Ranch, saluran YouTube yang terkenal dengan senjata dan konten pembongkarannya. Saluran itu memiliki jutaan pelanggan yang menampilkan video tentang berbagai senjata dan alat peledak.

Sehari setelah penembakan, sumber penegak hukum juga mengatakan kepada CBS, mitra BBC di AS, bahwa perangkat mencurigakan ditemukan di kendaraan Crooks.

Menurut CBS, tersangka memiliki peralatan yang tersedia secara komersial yang tampaknya mampu memicu perangkat itu.

Teknisi bom dipanggil ke tempat kejadian untuk mengamankan dan menyelidiki perangkat tersebut.
Apa motivasinya?

Setelah mengetahui identitas Crooks, polisi dan lembaga sedang menyelidiki motifnya.

"Saat ini kami belum memiliki motif yang teridentifikasi," kata Kevin Rojek, agen khusus FBI Pittsburgh yang bertanggung jawab, dalam sebuah pengarahan pada Sabtu malam.

Penyelidikan atas apa yang terjadi dapat berlangsung selama berbulan-bulan dan para penyelidik akan bekerja "tanpa lelah" untuk mengidentifikasi apa motif Crooks, kata Rojek.

Berbicara kepada CNN, ayah Crooks, Matthew Crooks, mengatakan bahwa ia mencoba untuk mencari tahu "apa yang sebenarnya terjadi" tetapi akan "menunggu sampai saya berbicara dengan penegak hukum" sebelum berbicara tentang putranya.

Keluarga Crooks bekerja sama dengan para penyelidik, menurut FBI.

Simak: Penyerang Trump 'bersemangat' tentang sejarah kata teman sekolahnya

Polisi menutup jalan menuju rumah tempat Crooks tinggal bersama orang tuanya.

Seorang tetangga mengatakan kepada CBS bahwa petugas mengevakuasinya di tengah malam tanpa peringatan.

Polisi Bethel Park mengatakan ada penyelidikan bom di sekitar rumah Crooks.

Akses ke area tersebut tetap dikontrol ketat dengan kendaraan polisi yang menghalangi jalan. Hanya warga yang diizinkan masuk atau keluar.

Sumber penegak hukum mengatakan kepada CBS bahwa mereka yakin ada beberapa tingkat perencanaan sebelum penembakan tersebut.

Namun, berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk perencanaan itu masih menjadi subjek penyelidikan yang sedang berlangsung.

Polisi yakin dia bertindak sendiri, tetapi terus menyelidiki apakah dia ditemani ke rapat umum tersebut.

Orang macam apa dia?

Sejauh ini, gambaran yang membingungkan - dan terkadang bertentangan - telah muncul tentang siapa Crooks sebagai pribadi.

Berbicara kepada outlet berita lokal KDKA, beberapa penduduk muda setempat yang bersekolah dengannya menggambarkannya sebagai penyendiri, yang seringsering diganggu dan terkadang mengenakan "pakaian berburu ke sekolah".

Mantan teman sekelasnya yang lain, Summer Barkley, memberikan penilaian yang berbeda, mengatakan kepada BBC bahwa dia "selalu mendapat nilai bagus dalam ujian" dan "sangat bersemangat tentang sejarah".

"Apa pun tentang pemerintahan dan sejarah tampaknya dia ketahui," katanya. "Tetapi itu bukan hal yang luar biasa....dia selalu baik."

Dia menggambarkannya sebagai orang yang disukai oleh guru-gurunya.

Yang lain hanya mengingatnya sebagai orang yang pendiam.

"Dia ada di sana tetapi saya tidak dapat memikirkan siapa pun yang mengenalnya dengan baik," seorang mantan teman sekelas, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada BBC. "Dia bukan orang yang benar-benar saya pikirkan. Tetapi dia tampak baik-baik saja."

Jameson Myers, mantan anggota tim senapan sekolah menengah Bethel Park yang lulus bersama Crooks pada tahun 2022, mengatakan kepada CBS bahwa dia tidak masuk dalam tim.

"Dia bahkan tidak masuk dalam tim sekolah menengah pertama setelah mencoba," tambah Tn. Myers. "Dia tidak pernah kembali mengikuti seleksi selama sisa masa SMA-nya."

Tn. Myers mengingat Crooks sebagai "anak laki-laki normal" yang "tidak terlalu populer tetapi tidak pernah diganggu atau semacamnya."

"Dia anak baik yang tidak pernah menjelek-jelekkan siapa pun dan saya tidak pernah mengira dia mampu melakukan apa pun yang pernah saya lihat selama beberapa hari terakhir."

Anggota masyarakat lainnya hanya mengatakan bahwa mereka terkejut bahwa pelaku penembakan itu bisa datang dari jalan-jalan yang tenang dan dipenuhi pepohonan di Bethel Park.

Di antara mereka adalah Jason Mackey, seorang pria lokal berusia 27 tahun yang tinggal di dekat tempat tinggal Crooks dan bekerja di sekolahnya saat dia masih menjadi siswa.

Meskipun Tn. Mackey mengatakan bahwa dia tidak mengenal Crooks secara pribadi, dia masih merasa tidak percaya.

"Ini sungguh mengejutkan. Anda tidak akan mengira kejadian sebesar ini akan terjadi begitu saja," katanya. "Ini benar-benar situasi yang gila." (Sumber: BBC.Com).

Editor: redaksi

RELATED NEWS