Kades Lewoingu Tidak Dilantik, Warga Unjuk Rasa Sambil Bawa Kambing ke Kantor Bupati Flotim

redaksi - Senin, 03 Januari 2022 16:58
Kades Lewoingu Tidak Dilantik, Warga Unjuk Rasa Sambil Bawa Kambing  ke Kantor Bupati FlotimKecewa karena Kades Lewoingu tidak dilantik, warga unjuk rasa sambil bawa kambing di depan Kantor Bupati Flotim, Senin, 03 Januari 2022. (sumber: Paul K.)

LARANTUKA (Floresku.com) -  Aliansi Masyarakat Berjuang Merdeka Lewoingu (AMBML) melakukan aksi protes atas pembatalan SK Kades terpilih di desa mereka.  Aksi protes tersebut mereka lancarkan tepat di depan Kantor Bupati Flores Timur pada Senin, 03 Januari 2022.

Kedatangan AMBML sontak jadi tontonan dan pusat perhatian warga. Aksi protes pun semakin garang ketika Koordinator Aksi, Kanis Soge, menyuarakan narasi perjuangan menggunakan mic pada sound system.

"Kami hadir mau bertemu dengan Bupati Flotim untuk membatalkan SK 328. Kalau tidak kami tetap berdiri disini," pungkas Kanis Soge.

Ratusan warga yang berkeriap di Kantor Bupati Flotim datang dari berbagai kalangan usia. Baik yang tua maupun orang muda, mereka kompak melancarkan aksi protes.

Terlihat para tetua adat menggunakan busana adat khas Lewoingu, Flores Timur. Sambil membawa serta satu ekor kambing dan dua buah gong, mereka pun menuntut sebuah keadilan.

"Konflik horisontal biasanya tercipta karena konflik vertikal. Jangan menyembah berhala pada kekuasaan kalau tidak terkutuk tujuh turunan," lantang Kanis Soge.

Warga yang berkeriap di Kantor Bupati Flotim dijaga ketat oleh anggota Polres Flores Timur, aparat TNI, dan anggota Satpol PP.

Aksi yang mereka lancangkan menggunakan beberapa slogan di antaranya, "segera cabut kembali keputusan Anda, Aliansi Masyarakat Berjuang Merdeka Lewoingu." 

Bebererapa slogan dituliskan menggunakan bahasa daerah, "LANTIK KAE WE....." yang artinya "LANTIK SUDAH." (Paul K.) ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS