Karang Taruna Bersama Pemdes Tana Duen Gelar Turnamen Bola Voli

redaksi - Selasa, 15 Agustus 2023 10:28
Karang Taruna  Bersama Pemdes Tana Duen Gelar Turnamen Bola VoliKepala Desa Tanaduen berfoto bersama Tim Roket sebelum memulai pertandingan, Senin (14/8). (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) – Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-78 dan untuk memunculkan kembali semangat dan prestasi olahraga untuk seluruh warganya,  Pemerintah Desa  bersama Karang Taruna Tana Duen menggelar turname  bola voli.

Turnamen bola voli putra tingkat desa  tersebut diikuti oleh  6 (enam) tim yang berasal dari tiga dusun di Desa Tana Duen.

Kepada media ini, Agusto Inocentios Neang selaku ketua Karang Taruna sekaligus Ketua Panitia Turnamen Voli  mengatakan turnamen yang dilaksanakan oleh karang taruna dengan menggandeng Pemerintah Desa.

“Ini adalah turnamen pertama pada masa kepemimpinan pengurus Karang Taruna yang baru dilantik beberapa bulan lalu.” ungkapnya.

Inocentios mengakui bahwa turtnamen ini adalah  yang pertama kali diselnggarakan oleh Karang Taruna yang baru dilantik. 

Namun, ia meyakinin bahwa perlombaaan akan berjalan lancar dan meriah.

Inocentius menjelaskan anggaran untuk turnamen tersebut berasal dari dana swadaya.

“Hal tersebut merupakan wujud semangat dan keinginan besar warga Desa Tana Duen untuk  menghidupkan kembali dunia olahraga di desanya,” ujarnya.

Tujuan turnamen voli ini bukan hanya  supaya kaum dewasa yang nantinya bergairah kembali untuk berolahraga, akan tetapi mulai dari anak kecil hingga pemuda. 

Diharapkan turnamen ini  dapat memicu dan mengobarkan lagi semangat berolah raga seluruh  warga desa Tana Duen. 

Dengan demikian  atlet dari Desa Tana Duen kembali bangkit dan berani tampil serta bisa bersaing  dengan atlet dari  daerah lain.

“Saya yakin perlombaan ini akan berjalan dengan aman dan kondusif, dan dihadiri oleh kepala desa dan perangkatnya serta masyarakat sekitar," ujar Inocentius pula. 

Hal ini  membuat suasana perlombaan menjadi meriah karena antusias masyarakat yang menonton perlombaan tersebut yang sekian lama baru diadakan kembali.

"Dengan semangat Karang Taruna yang bekerja sama dengan Pemdes, mengadakan perlombaan bola voli, agar mengaktifkan kembali warga Desa Tana Duen, tentang kesadaran berolahraga dan meningkatkan bakat di bidang voli,”tambahnya.

Disebutkan, sebanyak 6 (enam) tim yang berasal dari warga Desa Tana Duen turut memeriahkan perlombaan tersebut.

Namun dari enam tim yang ikut pada turnamen itu hanya akan ada  tima tim yang akan meraih juara.

 “Untuk para juara hadiah yang telah disiapkan,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Desa TanaDuen  Paulus Jonson Aritos saat diwawancarai media ini mengatakan, “Kegiatan yang disajikan oleh karang taruna Desa Tana Duen tidak berhenti di sini. 

"Akan tetapi ke depan akan ada kegiatan-kegiatanlain  yang akan mendobrak semangat putra daerah dan munculnya bibit generasi unggul di bidang olahraga.  Sehingga ke depan Desa Tana Duen bisa dikenal dengan prestasi putra-putri daerah dibidang olahraga,” ujar Paulus Aristos.

“Ide trunamen datang dari Karang Taruna. Mereka yang mengajukan dan Pemdes mendukung. Hal tersebut dilaksanakan untuk  menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga. Juga untuk mencari putra-putri yang berbakat di bidang olahraga," katanya.

Karena ke depan yang diadakan bukan hanya sekedar pertandingan voli, akan tetapi  jenis olahraga lainnya.

"Diharapkan dengan adanya turnmen, minat atau bakat warga Tana Duen di bidang olahraga bisa tersalurkan sehingga ke depannya mereka bisa membawa nama baik untuk Desa Tana duen”ujarnya.

Paulus Jonson Aritos menuturkan,  hal positif dari turnamen ini bukan hanya dari segi mencari talenta baru i bidang olahraga dari kalangan generasi muda, atau tersalurnya minat dan bakat saja.

Akan tetapi ada hal positif lainnya. Misalnya, terbangunnya semangat bekerja sama dan keakraban di antara para anggota karang taruna.

Oleh karena itu, selaku pimpinan desa, Paulus Aristor mengacungkan  jempol kepada pengurus dan anggota Karang Taruna Tana Duen.

 Ia  juga berpesan agar kaum muda tetap semangat dan eksis dalam menjalankan tugas dan fungsi serta kewajibannya, sehingga Karang Taruna Tana Duen bisa dikenal dengan ide dan gagasannya serta pencapaian prestasi dalam menjalankan roda kelembagaan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Karang Taruna, beserta seluruh pengurus dan anggotanya yang selalu semangat sehingga perlombaan ini dapat terselnggara," ujarnya.

“Saya juga mengapresiasi dan mengacungkan jempol untuk Karang Taruna Tana Duen. Walaupun baru terbentuk, tapi sudah bisa menciptakan suasana baru,” ujarnya.  

"Semoga Karang Taruna TanaDuen tetap semangat, tetap berjuang, untuk menciptakan Karang Taruna tanaduen yang dikenal dengan ide dan gagasannya yang positif,” harapnya. (Mardat).***

RELATED NEWS