Longsor di Jalan Trans Flores, Ruas Ende-Maumere, Sudah Teratasi

redaksi - Senin, 10 Januari 2022 20:46
Longsor di Jalan Trans Flores, Ruas Ende-Maumere, Sudah TeratasiTumpukan material longsor di daerah Tombe Rabu, sekitar 16 km dari Kota Ende (sumber: Istimewa)

ENDE (Floresku.com) – Tanah longsor yang mengakibatkan tersendatnya arus kendaraan di Trans Flores, ruas Ende-Maumere, terjadi pada Senin, 10 Januari 2022, sekitar pukul 05.00 pagi tadi sudah dapat teratasi. 

Namun, hingga sore berita ditayangkan kendaraan roda dua dan roda empat sudah mulai melewati Jl. Km 16 dengan sistem buka - tutup karena jalan bekas longsoran hanya bisa dilaui oleh satu kendaraan roda empat.

Jalan kembali dapat dilalui setelah petugas dari  mengerahkan alat berat dua alat berat, yaitu satu unit exavator dan satu unit loader. Kepala Satker PJN IV Nino Sutrisno, memantau langsung proses pembersihan material longsor.

Tanah longsor terjadi di tiga titik berbeda di Kilmoter 15, 16 dan 17. Longsor di kilomeret 15 dan 17 tidak terlalu parah, sehingga  bisa diatasi dalam waktu singkat. Sedangkan longsor di daerah Tombe Rabu, 16 kilometer ara timur dari Kota Ende sangat para, butuh waktu berjam-jam untuk menyingkirkan material longsor. 

Material longsor berupa bebatuan dan tanah yang menutup badan jalan di Kilomenter 16 sangat tinggi,  mencapai kurang lebih 10 meter. 

Kejadian tersebut mengakibatkan aktivitas lalu lintas terhenti.kendaraan roda dua dan roda empat dari arah barat maupun timur harus mengantre berjam - jam.

Kepada media, PPK 4.2 NTT Gusti Atmawinata menerangkan, longsor tersebut cukup parah, sehingga membutuhkan waktu lama untuk proses pembersihan.

"Yah kita upayakan, agar aktivitas lalu lintas bisa kembali normal. Dan saat ini sudah dua alat berat yang kita turunkan," ujarnya.

Gusti menguraikan, dalam periode pada periode November 2021 hingga Februari 2022, diprediksi akan ada fenomena La Nina, cuaca esktrim yang bisa memicu bencana hidrometereologi.

"Bencana hidrometereologi antara lain, seperti banjir dan longsor. Tentu kita semua perlu waspada terhadap bencana ini kebijakan yang kita ambil, yakni kita membuat posko, ada beberapa," ungkapnya. (AW)***

Editor: redaksi

RELATED NEWS