Menyulam Inspirasi Bertajuk 'Hadiah' di Destinasi Wisata Pantai Oa, Flores Timur

redaksi - Senin, 31 Januari 2022 08:20
Menyulam Inspirasi Bertajuk 'Hadiah' di Destinasi Wisata Pantai Oa, Flores TimurSuasana di destinasi wisata Pantai Oa, Kabupaten Flores Timur pada Minggu, 30 Januari 2022 (sumber: Paul K.)

HOKENG (Floresku.com) - Wisata pantai hingga saat ini tetap jadi primadona para pengunjung baik anak muda maupun lanjut usia. Berekreasi menikmati waktu liburan termasuk akhir pekan, bisa jadi obat jitu menenangkan pikiran setelah lelah berjibaku di dunia pekerjaan.

Bukan hanya pekerjaan, wisata pantai jadi tempat mujarab bagi pasangan muda yang gencar memintal hubungan asmara. So, mari berpiknik ria di pantai terdekat anda !

Pada hari Minggu, 30 Januari 2022, cuaca nampak cerah meski hawa dingin masih menggelitik tubuh. Dengan sigap, saya meluncur menggunakan sepeda motor Yamaha Vixion menuju laut selatan Flores Timur.

Untuk yang kesekian kalinya, saya ingin menikmati akhir pekan di Pantai Oa, sebuah destinasi wisata pantai yang berlokasi di Desa Pantai Oa, Kecamatan Wulanggitang. 

Kali ini, saya bersama rekan-rekan komunitas Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Maria Ratu Semesta Alam (MARASTA) Hokeng.

Dari Hokeng ke destinasi wisata Pantai Oa kurang lebih 15 KM. Kendati tak jauh, waktu tempuh lebih lama dari biasanya karena beberapa badan jalan masih dalam kondisi rusak sehingga menghambat laju kendaraan. Sesekali pengendara agak terjungkal akibat menggilas onggokan batu seukuran kepalan tangan.

Tiba disana, 1001 perkara batin pun sirna ketika melihat lautan biru yang tenang dan membentang luas. Ombak kecil yang menabrak dinding tebing lalu membuncah pelan, dan gugusan pulau-pulau kecil, menambah keanggunan pada hari ini. Terasa bahagia bukan kepalang.

Tepat di bibir pantai, puluhan nelayan tengah memarkir perahunya. Mereka terlihat apik menatang ember berisi ikan dari dalam bodi perahu. 

Beberapa diantaranya tergopoh-gopoh menggotong ikan yang ukurannya cukup besar menuju mobil jenis picup milik salah seorang pengusaha. Mereka seolah enggan mengulur waktu.

Wisata Pantai Oa dilengkapi fasilitas pendukung seperti pos karcis, tempat parkir berlantai semen, dan beberapa bangunan lopo. 

Selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata, pantai ini juga jadi tempat transaksi jual beli hasil tangkapan ikan antara nelayan dan para pengusaha.

Selain eksotis, asri dan menenangkan, Pantai Oa terkesan unik karena kesesuaian 'nama wisata' dan 'nilai luhur budaya' Flores Timur. Kata "OA" merupakan sapaan penuh penghormatan terhadap kaum perempuan dalam rumpun budaya lamaholot.

Usai menyulam secarik inspirasi di tempat itu, tak terasa langit cerah berubah merah kelabu. Senja kini menyapa sisi barat alam jagat. Saya akhirnya berpamit. Bersama rekan-rekan OMK Marasta Hokeng, kami pun berlalu, meninggalkan 1001 lembar cerita di bibir pantai itu.

Esok, kami datang lagi dan kembali mengisi lembaran-lembaran kosong yang tak sempat kami tulis hari ini.

Sebagai kata penutup, saya cantumkan dua (2) narasi inspirasi ditulis oleh Spencer Johnson, M.D dalam bukunya yang berjudul The Present/hadiah.

"Hadiah yang membuat anda lebih bahagia dan lebih sukses dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi, HARI INI ! "

"hadiah itu bukanlah masa lalu dan bukanlah masa depan. Hadiah itu adalah masa sekarang. Hadiah itu adalah SEKARANG ! "

Spencer Johnson, M.D adalah satu penulis paling dihormati dan dicintai di dunia. Ia telah membantu jutaan orang menemukan bagaimana mereka bisa menikmati hidup yang lebih baik. (Paul K.)

RELATED NEWS