Miss Asia Awards Indonesia 2017: Duta Maritim Indonesia Harus Punya Kemampuan Public Speaking

redaksi - Rabu, 23 Februari 2022 10:44
Miss Asia Awards Indonesia 2017: Duta Maritim Indonesia Harus Punya Kemampuan Public SpeakingMiss Asia Awards Indonesia 2017, Putri Khairunisa (sumber: Humas Sekolah Duta Martim)

JAKARTA (Floresku.com) -Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) melalui Sekolah Duta Maritim Indonesia giat memperkuat semangat literasi Maritim di kalangan generasi  muda.

Kegiatan  tersbut diselenggarakan di Kantor Badan Penghubung Provinsi Kalimantan Utara, Jakarta, sejak 21 hingga 27 Februari 2022.

Duta Maritim dinilai memiliki peranan sangat penting dan strategis sebagai komunikator publik. Khususnya dalam menyampaikan informasi positif seputar isu-isu kemaritiman. 

Demikian disampaikan Miss Asia Awards Indonesia 2017, Putri Khairunisa saat memberikan materi public speaking kepada 26 peserta Sekolah Duta Maritim Indonesia pada Selasa, 22 Februari 2022.

"Jadi duta maritim itu, selain memiliki literasi yang luas tentang kemaritiman, tapi juga harus punya keterampilan public speaking yang baik. Karena Duta Maritim itu berperan sebagai komunikator publik," papar Putri Khairunisa  sebagaimana dikutip Siaran Pers yang diterima media ini, Rabu, 23 Februari, pagi.

Lebih lanjut Khairunisa  menjelaskan,  penguasaan public speaking  mengandaikan  beberapa kemampuan dasar, di antaranya  kepercayaan diri dan  kemampuan merumuskan masalah.

"Teman-teman wajib memiliki rasa percaya diri kalau menjadi speaker. Selain itu juga harus mampu merencanakan, menyusun dan mendirect materi yang hendak disampaikan ke publik," terangnya pada kegiatan yang bertajuk ‘Kolaborasi Memajukan Indonesia dari Pinggiran’ itu.

Khairunisa  juga menambahkan jika public speaking bukan hanya sekedar berbicara tetapi menyampaikan gagasan.

"Berbicara itu harus menyenangkan, bukan menegangkan. Biar pesanya mudah tersampaikan. Karena itu public speaking bukan sekedar berbicara, tetapi juga menyampaikan gagasan," imbuhnya.

Setelah menyampaikan teori dan tips-tips, ia mempersilakan beberapa peserta untuk mencoba praktik berbicara di depan peserta lainnya sambil mengingatkan kepada peserta bahwa sikap berbicara yang baik juga penting untuk menunjang kesuksesan berbicara di depan umum.

“Intonasi, power, dan pitch harus diperhatikan. Juga jangan taruh tangan di saku celana, dan sebagainya,” jelasnya.

Semua peserta tampak antusias mengikuti instruksi yang diberikan Miss Putri . Kemdian, beberapa peserta jugamembagikan kesan pertama usai mendapatkan materi public speaking.
"Menyenangkan sekaligus menambah pengetahuan," kata Bela Rahma Sayida, salah satu peserta asal Provinsi Jawa Tengah. (SP/Filmon Hasrin).

Editor: redaksi

RELATED NEWS