Mitch Evans Juara Formula-E Prix Seri Jakarta 2022

redaksi - Sabtu, 04 Juni 2022 18:07
Mitch Evans Juara Formula-E Prix Seri Jakarta 2022Mitch Evans Juara Formula-E Prix Seri Jakarta 2022. (sumber: www.instagram.com)

JAKARTA (Floresku.com) – Gelaran Formula-E Prix Seri Jakarta yang berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Sabtu, 04 Juni 2022  sudah usai. 

Dalam ajang tersebut pembalap Jaguar TCS,  Mitch Evans menjadi yang terdepan (juara).  Evans berhasil mencatatkan waktu tercepat yakni 1:09.786!

Mitchell "Mitch" Evans adalah pembalap mobil dari Selandia Baru yang memenangkan GP3 Series musim 2012 dan saat ini berkompetisi di Formula E bersama Jaguar Racing.

Pembalap DS Techeetah, Jean-Eric Vergne, meraih posisi kedua, dan pembalap Venturi, Edoardo Mortara, melengkapi podium di posisi tiga.

Evans menjadi juara karena cerdik menyimpan tenaga baterainya dan melakukan manuver di bagian dalam trek pada menit akhir untuk menyalip Vergne yang menempati posisi terdepan.

 

Presiden Jokowi saat melakukan grid walk sebelum balap utama Formula E digelar di JIEC Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu , 4 Juni 2022. [Laily Rachev - Biro Pers Setpres]

Presiden Joko Widodo ikut  nonton

Presiden Jokowi hadir langsung di lokasi Formula E pada hari ini, Sabtu (4/6). Dia tiba sekitar pukul 14.10 WIB dan langsung disambut beberapa tokoh.

Presiden juga menyempatkan diri menyapa para kru pebalap Formula E dengan didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mereka berbincang sebentar dengan setiap kru yang didatangi.

Jokowi juga ditemani Chief Competition Officer Formula E (E-Prix) yang juga Co-Founder Formula E Alberto Longo saat bertemu dengan para pebalap serta krunya. Menparekran Sandiaga Uno, Ketua MPR Bambang Soesatyo juga terlihat turut mendampingi.

Mereka yang menyambut Jokowi antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix Ahmad Sahroni, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketua MPR Bambang Soesatyo serta Chief Competition Officer Formula E (E-Prix) yang juga Co-Founder Formula E Alberto Longo.

Ada beberapa tokoh yang juga hadir menonton langsung Formula E, antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum PKB yang juga Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Acara dimulai pukul 7 pagi

Acara dimulai dari pukul 7 pagi dan final race berakhir di sekitar pukul 16.00. Penonton bisa dikatakan sangat antusias dan sejauh mata memandang full house

 Balapan Formula E Jakarta berlangsung seru sejak awal. Ketika balapan baru berjalan beberapa menit, terjadi insiden yang menyebabkan salah satu ban terlepas dari mobil balap.

Insiden ini dialami oleh pebalap Mahindra Racing FE Team Oliver Rowland. Saat memasuki salah satu tikungan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), satu ban mobil milik Rowland terlepas dan tergeletak di pinggir trek.

Atas insiden ini, pebalap dari tim Mahindra Racing itu tak bisa melanjutkan balapan. Lalu bendera kuning atau yellow flag dikibarkan dan safety car masuk selama beberapa menit. Sejauh ini belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan ban Oliver Rowland bisa lepas.

Tak lama setelah itu, ketika sirkuit sudah dinyatakan aman bendera hijau pun dikibarkan dan balapan kembali berlangsung. Setelahnya balapan terus berlangsung sengit. Jean-Eric Vergne cukup mendominasi balapan di Sirkuit Ancol. Sesekali Vergne mendapat perlawanan sengit dari Mitch Evans dan Edoardo Mortara.

Baru akhirnya enam menit jelang balapan berakhir, Mitch Evans berhasil merangsek ke posisi depan. Tapi Vergne tak begitu saja menyerah. Ia beberapa kali terlihat ingin merebut posisi teratas. Balapan sisa satu menit, jarak antara Evans dan Vergne kian dekat. Bahkan Evans merasakan tekanan yang cukup besar karena baterai tersisa 1% sedangkan Vergne dan Mortara 2 persen.

Beruntungnya Evans berhasil mempertahankan posisinya hingga bendera finis berkibar. Alhasil, Evans berhasil mengantongi 25 poin dari hasil balapan Formula E Jakarta.

Berikut hasil balapan Jakarta-Prix 2022.

1. Mitch Evans

2. Jean-Eric Vergne

3. Edoardo Mortara

4. Antonio Felix Da Costa

5. Stoffel Vandoorne

6. Jake Dennis

7. Pascal Wehrlein

8. Lucas Di Grassi

9. Andre Lotterer

10. Sam Bird

11. Sebastian Buemi

12. Oliver Askew

13. Oliver Turvey

14. Maximilian Gunther

15. Alexander Sims

16. Nick Cassidy

17. Robin Frinjs

18. Dan Ticktum

19. Sergio Sette Camara

DNF (Do Not Finish)

1. Antonio Giovinnazi

2. Nyck De Vries

3. Oliver Rowland. 

Perlu diketahui bahwa Seri Formula E memiliki format balapan yang cukup berbeda dibanding balapan kelas single-seater lainnya. Seperti biasa, posisi start akan ditentukan pada sesi kualifikasi.  

Di Formula E, tidak ada formation lap atau putaran pemanasan. Sebagai gantinya, pembalap akan memulai standing grid dan hanya maju ke posisi start yang telah ditentukan.

Sebelum balapan dimulai, seluruh pembalap akan memulainya dengan tenaga maksimal yang sama, sebesar 200 kW. Namun, ada beberapa waktu tenaga bertambah melalui FanBoost dan Attack Mode.

Sejak menggunakan mobil generasi kedua, Spark SRT05e, Formula E memakai format balapan 45 menit plus 1 lap. Artinya, begitu balapan berlangsung selama 45 menit, pemimpin balapan akan menjalani satu putaran sebelum finish.  (Silvia). ***

RELATED NEWS