Pakai Busana Trandisional Ende-Lio, Mahfud MD Pimpin Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende

redaksi - Kamis, 01 Juni 2023 10:37
Pakai Busana Trandisional Ende-Lio, Mahfud MD Pimpin Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila di  EndeMahfud MD pimpin Upacara Apel Bendera Peringatan Hari Lahir pancasila di Lapangan Pancasila, Kota Ende, Kamis, 1 Juni 2023, pagi. (sumber: Istimewa)

ENDE (Floresku.com) - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 di Lapangan Pancasila Ende, NTT, Kamis, 1 Juni 2023, pagi.

Mahfud mengenakan pakaian adat Ende Lio lengkap dengan lesu di kepala. Hadir pula Wakil Gubernur NTT Joe Nae Soi mengikuti upacara.

Menkopolhukam Mahfud MD menerima laporan Komandan Upacara pada Apel Bendera Peringatan Hari Lajir Pancasila di Lapangan Pancasila, Kota Ende, Kamis, 01 Juni 2023, pagi. 

Upacara Apel Bendera di Lapangan Pancasila Ende dimulai pukul 08.00 Wita. 

Peserta upacara bendera juga mengenakan busana tradisional dari berbagai daerah di NTT..

Sebelum menuju ke Lapangan Pancasila Ende, Mahfud terlebih dahulu mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Jl. Perwira, Kel. Kotaraja, Kecamatan Ende Utara.

Mahfud menelusuri setiap sudut di Rumah Pengasingan Bung Karno yang kini difungsikan sebagai museum itu. 

Mahfud tampak berkeliling dan melihat beberapa benda peninggalan Bung Karno di rumah tersebut.

Setelah itu didamping Bupati Ende Mohamad Djafar dan Wakil Gubernur NTT Yosepf Nae Soi dan sejumlah petinggi BPIP, Kemenpolhukam, pejabat Pemerintah Kabupaten Ended an anggota DPR-RI, Mahfud bergerak menuju ke Lapangan Pancasila Ende untuk melakukan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Mahfud bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara ini, yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Komandan Kodim 162 Letkol Kaf I Nengah Pendi Suryanto. 

Upacara bendera peringatan Hari Pancasila itu diikuti berbagai unsur, mulai dari pelajar mahasiswa, ASN, TNI - Polri dan para ulama dari setiap agama, tokoh masyarakat dan warga Kota Ende. Kebanyakan peserta upacara mengenakan busana tradisional Ende Lio, dan busana tradisional dari berbagai daerai di NTT. (Silvia) ***

RELATED NEWS