Panglima TNI dan Kapolri Resmikan Perumahan Brimob Kompi 4 Yon B di Labuan Bajo

redaksi - Minggu, 07 November 2021 09:45
Panglima TNI dan Kapolri Resmikan Perumahan Brimob Kompi 4 Yon B di Labuan BajoSuanasa saat Panglima TNI membubuhkan tanda tangan dalam acara Peresmian Perumahan Brimob Presisi Kompi 4 Yon B di Labuan Bajo, Sabtu, 06 November 2021 siang. (sumber: Paul Tengko)

LABUAN BAJO  (Floresku.com) -Setelah meninjau vaksinasi di Halaman Gereja Katolik Paroki Roh Kudus, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, meresmikan perumahan di kompleks Brimob Presisi Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo, Pada Sabtu , 06 Novembe,  siang.

Sebelum meresmikan perumahan tersebut, Panglima TNI dan Kapolri melakukan Penanaman Pohon terlebih dahulu yang dilanjutkan dengan menerima laporan dari Kapolda NTT.

Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, menuturkan bahwa Kompi 4 Yon B Pelopor merupakan bagian dari Satuan Brimob Yang dimana satuan Brimob NTT terdiri dari tiga Batalyon diantaranya Batalyon A berkedudukan di Pulau Timor, Batalyon B berkedudukan di Pulau Flores dan sesuai keputusan Kapolri yang terbaru Satuan Brimob NTT memilki Batalyon C di Sumba.

Kaploda NTT mengatakan Brimob memiliki kekuatan 2000 namun yang terisi 900 personel.  Kompi 4 Yon B tersebut awalnya berkedudukan di Kabupaten Lembata. Dikarenakan Labuan Bajo merupakan Destinasi Pariwisata Super Premium,  maka pada Lima tahun yang lalu kedudukan Kompi 4 Yon B bergeser ke Labuan Bajo.

Untuk menggantikan Kompi 4 Yon B, dikatakannya bahwa Polda NTT akan mendirikan Kompi baru di Alor.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan bahwa tempat berdirinya Kompi 4 Yon B tersebut merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Ia juga mengatakan bahwa dalam kunjungannya pada tahun 2020, Kantor Dinas Perizinan Kabupaten Manggarai Barat dipinjam untuk perumahan Brimob Kompi 4 Yon B.

Kehadiran Panglima TNI dan Kapolri ,lanjut dia merupakan suatu penghargaan.

Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengatakan bahwa Kompi 4 Yon B belum bisa diresmikan secara lengkap, dikarenakan Kompi 4 Yon B baru pembangunan awal juga sarana dan prasarana dalam Kompi 4 Yon B belum memadai.

lebih lanjut, Sigit menuturkan Kabupaten Manggarai Barat membawahi wilayah destinasi wisata premium, Labuan Bajo. Oleh sebab itu kehadiran aparat sangat dibutuhkan, dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

Dalam kegiatan ini pula Panglima TNI dan Kapolri melakukan peninjauan ke dalam salah satu rumah hunian di dalam Komplek Mako Brimob Presisi tersebut.

“Alhamdulillah, Bapak dan Ibu agar dijaga dan dirawat rumah ini, serta tetap jaga kesehatan seluruh keluarga,” terang Panglima.

Sigit juga menyebut penguatan personel polisi pariwisata dan polisi air dan udara (Polairud) akan diperkuat.

Kehadiran Panglima TNI, dirinya mengatakan bahwa merupakan suatu penghargaan bagi Polri. Dan dirinya memohon kepada Panglima TNI untuk membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk soliditas dan sinergitas yang terjalin baik.

"Yang paling penting dan berharga untuk saat ini karena kehadiran Bapak Panglima TNI, sehingga bagi kami ini adalah saat yang tepat untuk bermohon kepada beliau (untuk) membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk soliditas dan sinergitas yang selama ini sudah berjalan baik," kata Sigit. (Paul).

RELATED NEWS