Polres Sikka Gelar Simulasi Sispamkota untuk Pengamanan Pilkada di Kabupaten Sikka

redaksi - Kamis, 22 Agustus 2024 18:21
Polres Sikka Gelar Simulasi Sispamkota untuk Pengamanan Pilkada di Kabupaten SikkaSimulasi pengamanan Pilkada 2024 (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -Dalam rangka pengamanan pilkada di kabupaten sikka,Kepolisian Resor Sikka Polda NTT menggelar peragaan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) bertempat di Lapangan Umum Kota Baru,Kecamatan Alok Timur,Kabupaten Sikka,Kamis (22/8)..

Kegiatan dilakukan merupakan bagian dari persiapan menghadapi Operasi Mantap Praja Sikka 2024, yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama Tahapan Pilkada Serentak bagi Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan berlangsung pada bulan November mendatang di Kabupaten Sikka.

Adapun kegiatan dihadiri oleh berbagai pihak penting, di antaranya perwakilan dari KPU Sikka, Bawaslu Sikka, Kasatpol PP Sikka, Kadis Dukcapil Sikka, Kadis Perhubungan Sikka. Hadir pula Pasi Intel Lanal Maumere, dan Pasi Intel Kodim 1603/Sikka, perwakilan dari Kejari Sikka, dan beberapa instansi lainnya.

Simulasi dimulai dengan apel pembukaan dan doa, kemudian dilanjutkan dengan peragaan berbagai skenario yang mungkin terjadi selama proses Pilkada, mulai dari pendistribusian logistik, masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang.

Salah satu bagian penting dari simulasi ini adalah penanganan unjuk rasa yang diproyeksikan terjadi di kantor KPU. Tim Negosiator Polres Sikka berupaya menenangkan massa yang awalnya berjalan damai namun berubah menjadi anarkis setelah penjelasan dari Ketua KPU dianggap tidak memuaskan oleh para demonstran.

Situasi memanas hingga dilakukan lapis ganti dari Dalmas Awal menjadi Dalmas Lanjut, namun massa semakin anarkis sehingga memaksa petugas menggunakan kendaraan taktis AWC dan tembakan gas air mata oleh Unit Pengurai Massa (Raimas) untuk membubarkan massa.

Kapolres Sikka, AKBP Hardi Dinata, S.I.K., M.M., menyampaikan bahwa simulasi ini sangat penting untuk memastikan kesiapan personel dalam menghadapi berbagai potensi ancaman keamanan selama proses Pilkada berlangsung.

“Polres Sikka bersama Dan Yon B Pelopor Sat Brimob NTT, kami melaksanakan SISPAMKOTA, dimana ini ditujukan kepada seluruh personil Polres Sikka untuk lebih siap menghadapi berbagai potensi ancaman apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan mengharuskan kita untuk melaksanakan pengamanan secara maksimal di wilayah Kabupaten Sikka," ujar Hardi Dinata.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan kegiatan ini pula pihaknya menunjukkan ke publik bahwa Polri berkolaborasi dengan TNI dan seluruh stakeholder, siap melaksanakan kegiatan pengamanan tahapan Pilkada Serentak 2024.

“Dari simulasi tersebut terlihat apabila terjadi potensi gangguan situasi kamtibmas, maka pengamanan yang dilakukan sesuai Standar Operasional (SOP) sehingga tepat guna dan peruntukkannya,” lanjut Hardi Dinata.

“Dengan adanya simulasi ini, diharapkan seluruh pihak yang terlibat dapat lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, sehingga Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Sikka dapat berjalan lancar dan damai, ” imbuh Kapolres Sikka. (Marat).

RELATED NEWS