Presiden Jokowi Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Jalan Pewira, Ende

redaksi - Rabu, 01 Juni 2022 12:20
Presiden Jokowi Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Jalan Pewira, EndePresiden Jokowi kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende NTT, Rabu, 01 Juni 2022, pagi. (sumber: BPMI Setpres)

ENDE  (Floresku.com) - Pagi hari ini, Rabu, 01 Juni 2022, di bumi lahirnya Pancasila, Ende, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo berkunjung ke salah satu tempat yang menjadi bagian dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia, yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu, 1 Juni 2022.

Rumah pengasilan itu milik seorang saudagar lokal, Abdullah Ambuwaru, berada di Kampung Ambuaga yang kini beralamatkan di Jalan Perwira, Kelurahan Kotaratu, Kecamatan Ende Selatan, Kota Ende.  

Situs Rumah Pengasingan Sukarno di Ende (Foto: blog.miraafianti.com)

Rumah itu dibangun pada tahun 1927 dengan ukuran 12 x 9 m, pada awalnya bangunan ini terdiri dari satu bangunan induk dan beberapa bangunan penunjang. Bangunan induk terdiri dari 2 (dua) kamar tidur, 1 (satu) ruangan perpustakaan, 1 (satu) ruang semadi dan teras belakang. 

Bangunan induk dilengkapi pula dengan bangunan penunjang seperti dapur, ruang makan, gudang, dan kamar mandi yang keberadaanya masih sederhana. Setelah ditempati Bung Karno berangusr-angsur diperbaiki dan ada tambahan bangunan penunjang berupa sebuah sumur.

Kemudian pada tahun 1951 Presiden RI pertama itu kembali mengunjungi Ende. Saat itu dirinya bertemu Haji Abdullah Ambuwaru dan menyampaikan niatnya agar rumah pengasingannya itu dijadikan museum.

Jejak perjuangan Bung Karno masih terlukis jelas di rumah tersebut. Di sana, Presiden dan Ibu Iriana berkesempatan melihat berbagai macam barang-barang peninggalan Bung Karno bersama keluarga selama diasingkan, seperti lukisan tangan Bung Karno dan naskah drama sandiwara yang terukir kesan mendalam akan nilai persahabatan, kerakyatan, dan cintanya terhadap alam.

Seorang Juru Pelihara tempat bersejarah tersebut, Syarifudin, mengatakan bahwa Rumah Pengasingan Bung Karno telah terkenal sampai ke luar negeri. 

Ia pun mengaku senang dan bersyukur atas kunjungan Kepala Negara ke Rumah Pengasingan Bung Karno tepat di hari lahir Pancasila yang dinilai sangat berharga.

“Saya rasa bangga pada tahun 2022 hari ini juga tepatnya 1 Juni lahirnya Pancasila Bapak Presiden Joko Widodo sudah berkenan hadir di acara lahirnya Pancasila, di bumi lahirnya Pancasila, dan sempat berkunjung ke rumah Presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno, saya rasa bangga, senang, dan terharu,” ucap Syarifudin penuh haru sebagaimana dikutip situs www.presidenri.go.id, Rabu, 01 Juni 2022, siang.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi menjelaskan bahwa saat diasingkan, Bung Karno pernah menyebut tempat ini sebagai “ujung dunia”, di mana pada waktu itu tidak pernah terbayangkan bangsa Indonesia dapat merdeka. Namun dengan jiwa cinta Tanah Air yang sangat besar, Bung Karno mampu mengubah situasi tersebut menjadi semangat dalam memerdekakan Tanah Air.

“Di situlah beliau (Bung Karno) bisa memanfaatkan dari situasi yang sangat menekan itu menjadi semangat pembebas lebih lanjut. Oleh karena itu, Ende ini menjadi salah satu titik utama dalam perjalanan Bung Karno, Pancasila, dan akhirnya kemerdekaan,” ucap Kepala BPIP.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungannya antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat. (Silvia). ***

RELATED NEWS