PT GSI Mulai Lakukan Perbaikan Ruas Jalan Provinsi SP. Noa-Golowelu di Manggarai Barat

redaksi - Selasa, 02 November 2021 13:23
PT GSI Mulai Lakukan Perbaikan Ruas Jalan Provinsi SP. Noa-Golowelu di Manggarai BaratPT GSI Mulai Lakukan Perbaikan Ruas Jalan Provinsi SP. Noa-Golowelu di Manggarai Barat (sumber: Paul)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Kondisi ruas jalan Propinsi SP. Noa - Golowelu yang dikerjakan oleh PT. GSI  sebelumnya dikabarkan mengalami kerusakan di beberapa titik akibat curah hujan tinggi beberapa waktu lalu.

Berkaitan dengan itu PT. Gunung Sari Indah selaku kontraktor pelaksana  saat ini sedang melakukan perbaikan di sejumlah titik kerusakan .

Untuk diketahui proyek pekerjaan jalan SP. Noa - Golowelu tersebut merupakan proyek ruas jalan provinsi NTT  yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus dengan total nilai pagu sebesar, 47 Milyar rupiah.

Pekerjaan proyek ini sedikit terkendala oleh  curah hujan tinggi jelang akhir tahun lalu yang diakibatkan oleh tanah longsor dan kerusakan lain di sejumlah titik.

Adapun item pekerjaan dari proyek ini terdiri dari : pekerjaan hotmix sepanjang 16 km, pekerjaan minor agregat A dan B, pasangan bronjong sebanyak 1.500 M3, Pasangan Mortar sebanyak 2.958 M3, dan pasangan batu sebanyak 4.479 M3 dan sejumlah pekerjaan lainnya.

Pantauan media ini di lokasi pengerjaan perbaikan sedang berlangsung di Jembatan Alam Desa Kolang Kecamatan Kuwus Barat pada Selasa,  02 Novermber 2021, pagi.

Sebelumnya kondisi jalan di lokasi tersebut mengalami kerusakan parah. Para pekerja serta armada milik PT. gunung Sari Indah seperti Greder, vibro, Finished , tandem dengan Sakai/TR terlihat sedang  beroperasi sembari melakukan pekerjaan perbaikan.

Pengerjaan perbaikan sendiri terdiri dari, pembersihan jalan dengan genangan air akibat curah hujan beberapa hari terakhir ini, dan selanjutnya dilakukan hamparan agregrat A, pemadatan dengan vibrator, dan dilanjutkan dengan prime Coat 0,7 dan 0,3 untuk hotmix (HRS Base).

Agustinus Pou selaku pelaksana lapangan kepada  awak media pada Senin, 01 November 2021, pagi, menjelaskan, pengerjaan peningkatan jalan propinsi SP Noa-Golowelu saat ini sudah tuntas dan sekarang pihaknya mulai memperbaiki kondisi LPA (Lapisan Pondasi Agregat) Kelas A  yang agregat nya rusak akibat cuaca buruk di waktu lalu.

Dimana  titik star perbaikanya dimulai dari STA akhir yaitu dari Golo Welu menuju  Ndiuk Desa Golo Lewe  pada STA awal.

"Dan secepatnya ini di selesaikan agar bisa di lakukan serah terima, sehingga target  pengerjaan perbaikan ini bisa  selesai  dalam waktu 2 Minggu kedepan, jika semuanya sudah diperbaiki maka akan kita ajukan serah terima (PHO)",  ungkap Agus, selaku pelaksana lapangan.

Lebih lanjut dia  mengatakan setelah dilakukan serah terima, akan dilanjutkan dengan masa pemeliharaan selama setahun. Pada masa itu kata Agus, pihaknya akan tetap merawat dengan memperhatikan kondisi jalan tersebut.

"Setelah ada serah terima itu ada masa pemeliharaan pertama dan kedua dan kita akan tetap rawat yang pada intinya kita tetap bekerja dan tetap bertanggung jawab penuh pada pekerjaan ini", tambahnya.

Agus juga menuturkan bahwa terkait adanya sorotan masyarakat akhir-akhir ini pada ruas jalan tersebut ,pihaknya mengakui bahwa
itu merupakan hal yang wajar sebagai bentuk perhatian dan pengawasan terhadap pekerjaan tersebut.

"Sebelumnya kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidak nyamanan masyarakat. Saat ini kami sedang melakukan perbaikan di sejumlah titik jalan yang rusak dari STA awal sampai STA akhir hingga tuntas", pungkasnya. Yoflan Bagang. (Paul ). ***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS