Ramadhan Telah Tiba, Silahkah Mencoba 5 Resep Pilihan untuk Menu Makan Sahur

redaksi - Minggu, 10 Maret 2024 17:48
Ramadhan Telah Tiba,  Silahkah Mencoba 5 Resep Pilihan untuk Menu Makan SahurTumis Pakcoy Jagung Manis (sumber: www.royco.co.id)

JAKARTA (Floresku.com) - Bulan suci Ramadhan telah tiba. Seitap umat Muslim bersiaps-iap untuk  menyiapkan menu makan sahur yang sesuai.

Tentu saja menu sahur yang baik harus bervariasi agar tidak monoton dan menambah selera makan. Kalau sekadar mengandalkan menu yang cepat dan praktis, bisa jadi nantinya kamu hanya makan alakadarnya. Padahal kamu tentu tahu kalau makan sahur sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat berpuasa, bukan?

Ada lima resep yang pas untuk menu sahur menggugah selera. Kalau lagi bersemangat memasak, boleh siapkan malam sebelumnya dan tinggal dihangatkan pagi harinya. 

Ini juga cocok bagi mereka yang terburu-buru karena bangun terlalu dekat dengan waktu imsak. 

Sudah siap mencoba lima menu sahur sehat yang mengundang selera ini? Yuk, cek satu per satu!

1. Tumis Pakcoy Jagung Manis

Butuh inspirasi makanan untuk sahur yang cepat dan praktis? Tak perlu mencari jauh-jauh lagi karena ada tumis pakcoy jagung manis. 

Menu ini sangat mudah untuk dibuat dan dengan sekejap siap disajikan. Bahan-bahannya juga gampang untuk didapatkan dan bakal jadi senjata andalan baru saat kamu sedang terburu-buru.

Tumis bawang hingga harum terlebih dahulu. Kemudian tambahkan potongan pakcoy, pipilan jagung, serta tomat, dan Royco Kaldu Ayam yang kini hadir dalam Formula Baru, menjadikannya sebagai kaldu terbaik. 

Dibuat dengan ayam yang direbus lama, serta rempah yang kaya dan garam beryodium. Dengan demikian, menu makan sahur bernutrisi sudah kamu dapatkan. Tambahkan aneka lauknya lagi kalau keburu membuatnya, ya!

2. Resep Telur Dadar Bayam

Telur dadar bayam dipotong empat dan siap disajikan
Telur dadar hampir tidak pernah fail soal menggelitik selera makan saat sahur. (Foto: Royco)

Yang namanya telur dadar biasanya selalu jadi solusi pembangkit selera makan. Protein yang murah dan mudah diolah ini punya rasa gurih yang cocok untuk teman makan sahur. 

Kali ini, agar lebih bernutrisi, bagaimana kalau kamu olah menjadi telur dadar bayam?

Seperti biasa, mulai dahulu dengan mengaduk telur ayam dalam mangkuk. Tambahkan daun bayam, bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun bawang, serta sedikit Royco Kaldu Ayam. Gunakan wajan antilengket dan masak hingga matang secara menyeluruh di setiap permukaannya. Sajikan dengan nasi hangat dan kecap manis saja sudah selangit rasanya!

3. Resep Rendang Kentang Jamur

Tak hanya di saat hari besar, rendang menjadi salah satu menu yang bisa dinikmati saat bulan Ramadan, baik saat berbuka puasa ataupun sebagai makanan sahur! Bahkan ada beberapa orang yang hobi sarapan ketupat sayur Padang dengan tambahan rendang. 

Inilah salah satu bukti kalau masakan Minang yang kaya rempah sebetulnya cocok disantap kapan saja.

Bagaimana dengan hidangan rendang kentang jamur? Resep rendang yang menggunakan bahan-bahan nabati ini menjadi alternatif lezat yang tak hanya terjangkau secara harga, namun juga lebih sehat. Ditambah dengan kacang merah, ketiga bahan ini memiliki nilai nutrisi tinggi dan saling melengkapi. Enak, lho!

4. Resep Sup Bayam Jamur

Tentunya kamu paham kalau makan sahur enaknya ada menu yang berkuah. Maklum, bangun di pagi buta, selera makan belum terbentuk, rasanya kalau semua lauk keringan, tentunya agak kurang nyaman di mulut. 

Di sinilah menu rumahan favorit orang Indonesia harus turun tangan. Siapa lagi kalau bukan sup bayam?

Konsumsi buah dan sayur di saat sahur memang sangat disarankan. Ini dikarenakan kandungan seratnya yang dapat menahan lapar lebih lama. 

Apalagi bila kamu sempatkan juga menanak nasi merah, satu jenis karbohidrat kompleks yang lebih baik daripada nasi putih. Apapun itu, padukan dengan sup bayam kesukaan keluarga. Pasti kenyang dan tubuh akan mendapat nutrisi yang cukup!

5. Resep Sup Ayam Daun Kelor

Semangkuk sup ayam daun kelor disajikan
Daun kelor bisa diolah menjadi sup dan dipadukan ayam serta sayuran lainnya. (Foto: Royco)

Satu lagi resep berkuah yang pas untuk makan sahur adalah sup ayam dengan daun kelor. Sudah pernah tahu nutrisi dari daun kelor?

 Sangat banyak, bahkan layak didaulat sebagai superfood! Daun kelor tinggi kandungan vitamin C, kalsium, beta-karoten, potasium, dan juga protein.

Untuk resep sup yang satu ini bahkan tak hanya daun kelor yang menjadi bintangnya. Ada ayam, kentang, sekaligus wortel yang turut melengkapi nutrisinya. 

Hangat, bergizi, dan tepat untuk segala suasana. Pasti sahur kamu jadi lebih bermakna!

Itu dia lima resep yang bisa kamu coba terlebih dahulu untuk sahur di bulan Ramadan. Ada yang cocok dimasak saat mepet menjelang adzan Subuh ataupun yang bisa kamu persiapkan malam sebelumnya. Bahkan bisa jadi di antara resep ini bisa kamu pakai untuk menu sahur praktis untuk sebulan!

Semoga resep-resep ini menjadikan sahur Anda menjadi penuh makna. Selamat mencoba! (Sumber:Royco.co.id). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS