Ribuan Peziarah Meriahkan Prosesi Laut di Larantuka

redaksi - Sabtu, 08 April 2023 11:23
Ribuan Peziarah Meriahkan Prosesi Laut di LarantukaRibuan pezirah memadati pantai Kota Larantuka, mengikuti Prosesi Laut, Jumat, 7 April 2023. (sumber: Mardat)

LARANTUKA (Floreskku.com) -Ribuan warga Kota Larantuka di Flores Timur bersama ribuan besar peziarah Semana Santa dari berbagai daerah di wilayah Indonesia turut mengambil bagian dalam arak-arakan mengantar Tuan Meninu (Patung Bayi Yesus), Jumat, 07 April 2023.

Mereka mengantar Tuan Maninu dari pantai Kota menuju Pantai Uce di Kelurahan Larantuka, Kota Larantuka, melalui rangkaian prosesi yang dikenal dengan 'Prosesi Laut'.

Sesuai tradisi, pengantaran Tuan Meninu dengan menggunakan perahu dayung kecil dan didampingi puluhan kapal bermotor besar dan kecil.

Suasana pengantaran tampak begitu khusyuk dan khidmat. Semua masyarakat larut dalam doa dan nyanyian.

Andreas Jouh mengaku kagum dengan masyarakat Flores Timur yang dinilainya mampu menjaga warisan agama Katolik hingga sekarang.

Prosesi Laut ini harus diwariskan kepada para generasi penerus.

"Ini bukan semata sebuah kekayaan pariwisata khususnya pariwisata rohani tapi juga menjadi ruang bagi semua kita untuk merefleksikan hidup kita dalam konteks penderitaan Kristus," ujar Andreas Youh.

Selain itu, katanya lagi, makna prosesi ini bisa menjadi bukti keberagaman yang menyatukan semua umat agama yang ada di Kabupaten tersebut.

"Prosesi ini menjadi penyatu semua etnis dan agama. Dan semua terlibat dalam kesuksesan prosesi ini. Ini yang membuat saya bangga dengan kehadiran Prosesi ini," ujar Andreas

Di Pantai Kuce, sudah menunggu sejumlah besar masyarakat ketika Tuan Meninu (Patung Bayi Yesus) diturunkan dari peledang warga masyarakat asli Flores Timur sempat menggucapkan Tuhan Deo,Tuhan Deo sambil mengelus dada sambil arak-arakan menuju kapela Tuan Maninu. (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS