Sambut Idul Fitri 1443 H, Polres Manggarai Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2022

redaksi - Sabtu, 23 April 2022 21:45
Sambut Idul Fitri 1443 H, Polres Manggarai Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2022 Kapolres Manggarai AKBP Yoce Marten S.H, S.I.K, M.I.K membacakan amanat Kapolri, saat memimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2022, di Lapangan Apel Mapolres Manggarau, Jumat 22 April 2022. (sumber: Humas Polres Manggarai)

RUTENG (Floresku.com) - Dalam upaya menjamin keamanan pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Polres Manggarai menggelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2022, bertempat di Lapangan Apel Mapolres Manggarai, pada Jumat 22 April 2022.

Upacara apel yang mengusung  tema 'Wujudkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H',  itu dipimpin oleh Kapolres Manggarai AKBP Yoce Marten S.H, S.I.K, M.I.K. 

Betindak sebagai Komandan Upacara  adalah Kasubag Bekpal Baglog IPTU I Ketut Kantun. Rangkaian upacara berjalan aman dan lancar. 

Kasubag Humas Polres Manggarai, I Made Budiarsa mengungkapkan bahwa dalam Apel Gelar Pasukan tersebut, Kapolres Manggarai membacakan amanat Kapolri .

Dalam amanat dan arahannya,  Kapolri menyampaikan beberapa penekanan  sebagai berikut. Pertama, Perayaan hari Raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat. 

Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 / tahun 2022 pada tanggal 02 Mei 2022 dan 03 Mei 2022 . Pemerintah  juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April 2022 dan tanggal 04 Mei 2022 sampai dengan 06 Mei 2022.

Kedua, kebijakan Pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan euforia. 

Hal ini terbukti berdasarkan hasil survei Badan Litbang Kemenhub RI diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan perjalanan selama lebaran.

Ketiga,  mobilitas masyarakat ini terutama terkonsentrasi di wilayah Pulau Jawa dan Bali, moda transportasi lebaran didominasi oleh tranportasi jalur darat.

 Jumlah warga yang menggunakan kendaraan pribadi diprediksi mencapai  47 persen,  kendaraan umum 31 persen,  jalur udara 10 persen, kereta api 10persen, Jalur laut 2 persen, dan lainnya 0,11 persen.

Keempat, walaupun situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali dimana tingkat penurunan berada di bawah level 1 dengan positive rate  berada di bawah standar WHO.  

“Namun,  tetap saya tegaskan bahwa pademi belum sepenuhnya selesai. Kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi.  Saat mobilitas masyarakat tinggi,  sangat rawan terjadi transmisi Covid-19 . Terutatama, menjelang, pada saat dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H tahun 2022.Oleh karena itu  diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H tahun 2022,” tandas Kapolri.

Kelima, Polri dengan dukungan TNI, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Ketupat Tahun 2022.  Operasi ini  dilaksanakan selama 12 hari mulai 28 April 2022 hinga 09 Mei 2022. 

Fokus pengamanan adalah 101. 700 objek di seluruh Indonesia baik di Masjid,  Pusat Perbelanjaan, Terminal, Pelabuhan, Stasiun Kereta Api,  Bandara dan Tempat Wisata.

Keenam, berbagai permasalahan menghilang pada saat dan pasca Idul Fitri 1443 H / Tahun 2022 . Namun, kita harus mengantisipasi  dan bergandengan tangan,  bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar umat Muslim dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan khusyuk dan  merayakan  perayaan Idul Fitri dengan kusyuk. 

Juga, agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik  tetap  terjamin keamahanan dan kesehatannya.

Ketujuh, pelaksanaan pengamanan Idul Fitri ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan pemerintah melalui Mendagri Nomor 22 Tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan dari tanggal 19 April 2022 s/d tanggal 09 Mei 2022, serta Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Peralihan Orang Dalam Negeri Pada Masa Penduduk Covid-19 yang berlaku efektif mulai tanggal 02 April 2022.

Untuk diketahui,  Apel Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2022  diikuti oleh satu regu Perwira Polres Manggarai, satu regu Anggota Kodim 1612 Manggarai, satu regu Anggota Brimob Kompi 2 Batalyon B Pelopor Manggarai, satu regu Dalmas Polres Manggarai, satu regu Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai,  satu regu Gabungan Staf Polres Manggarai,  satu regu Gabungan Reskrim - Intel Polres Manggarai, satu regu Sat. Pol PP dan Damkar Kabupaten Manggarai, dan satu regu Dishub Kabupaten Manggarai.

Hadir dalam upacara apel tersebut, Bupati Manggarai Heribertua G.L Nabit, Dandim 1612 Manggarai Letkol Inf. Muhammad Faisal Toar, Danki Brimob Kompi 2 Batalyon B Pelopor Manggarai AKP Michael Seu, Kepala Dinas Dishub Kabupaten Manggarai Sahadun Silvester Saldi, Kabid Sumber Daya Aparatur Sat. Pol PP dan Pemadam Kebakaran Tiransius Kamilus O. Wisan dan Sasibak TU Kementerian Agama Kabupaten Manggarai Martinus Badun.

Usai upacara apel, Kapolres Manggarai bersama Bupati Manggarai dan Dandim 1612 Manggarai meninjau pelaksanaan Gerai Vaksinasi Covid -19 Presisi Polri.  (Jivansi). ***

RELATED NEWS