Sepanjang 25 Meter Badan Jalan Tertimbun Longsor, Jalur Ndiuk - Noa Putus Total

redaksi - Rabu, 16 Februari 2022 22:23
  Sepanjang 25 Meter Badan Jalan Tertimbun Longsor, Jalur Ndiuk - Noa Putus TotalLongsor di Ndiuk, Desa Golo Lewe, Kecamatan Kuwus Barat (sumber: Tedy N)

KUWUS BARAT (Floresku.com) - Sepanjang 25 meter badan jalan  di Dusun Ndiuk, Desa Golo Lewe, Kecamatan Kuwus Barat, Kabupaten Manggarai Barat tertimbun longsor.  

Akibatnya, jalan provinsi jalur Ndiuk - Noa - Terang itu terputus total. Lalu lintas kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melintasi jalur itu.

Camat Kuwus Barat, Vitus Suparji kepada media ini menyampaikan bahwa kejadian longsor itu terjadi pada Rabu sore,  16 Februari 2022.

"Longsornya baru tadi. Ini disebabkan curah hujan cukup tinggi selama seminggu terakhir ini", kata Suparji

Ia menjelaskan kejadian longsor itu mengakibatkan akses transportasi dari beberapa kecamatan mati total.

"Akses transportasi dari Kecamatan Boleng, Macang Pacar, Pacar menuju ke Kecamatan Kuwus Barat, Kuwus dan Ndoso belum bisa lewat. Lumpuh total untuk akses transportasi", jelas Camat Kuwus Barat itu.

Berdasarkan kondisi itu, pemerintah Kecamatan hanya membuat bahu jalan agar kendaraan roda dua bisa lewat.

Vitus Suparji juga menyampaikan, tanah longsor yang penuhi bahu jalan itu tidak bisa digali dengan menggunakan tenaga manusia, tapi harus menggunakan alat berat.

"Karena itu tidak bisa dibersihkan dengan tenaga manusia, harus menggunakan alat berat", tutup Suparji.

Secara terpisah, Beny Nurdin, anggota DPRD Manggarai Barat, komisi II yang membidangi pembangunan merespon kejadian longsor itu.

Beny Nurdin menyampaikan bahwa ia mendapat informasi kejadian longsor itu dari media sosial Facebook.

"Saya mendapatkan informasi kejadian longsor di Ndiuk, Desa Golo Lewe itu dari laporan warga lewat unggahan di media sosial Facebook. Di situ Netizens memposting kejadian longsor yang mengakibatkan jalan itu putus total", katanya.

Terhadap kejadian itu, Beny Nurdin menyampaikan akan berkoordinasi secepat mungkin dengan pihak PU Mabar dan BPBD Mabar.

"Saya sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah melalui Dinas PU dan BPBD Mabar agar secepat mungkin mengatasi longsor yang menimbun 25 meter badan jalan itu", kata Ketua Fraksi Partai Nasdem itu.

RELATED NEWS