SOROTAN Even Edomeko: PANCASILA DIKHIANATI

redaksi - Rabu, 01 Juni 2022 12:42
SOROTAN Even Edomeko: PANCASILA DIKHIANATIEven Edomeko, Sekdispar Kabupaten Sikka. (sumber: FB/Even Edomeko)

KOTA Ende di jantung Pulau Flores Provinsi NTT di hari Rabu 1 Juni 2022 ini 'pecah' oleh kemeriahan Perayaan Hari Lahir Pancasila, yang dihadiri oleh Yang Mulia Presiden NKRI Bpk Ir. Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi. 

Sejumlah pejabat tinggi negara turut hadir. Termasuk Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D.

Semua itu hebat. Luar biasa. Ada haru di hati, terlebih kala lihat Bapak Presiden dan Ibu Negara mengenakan pakaian adat Lio. It's amazing.

 Liberius Langsinus yang populer dikenal sebagai Bung Sila  bersama Panglima TNI Jendral Andika (Sumber: FB/Even Edomeko)

Tapi, otak saya justru tersita oleh sosok laki-laki kerempeng yang berangkulan dengan Panglima TNI Jenderal Andika. Pria hitam keriting ini bernama Liberius Langsinus  yang populer dikenal sebagai Bung Sila.

Semua itu gara-gara Bung Sila pernah berkelana keliling Indonesia -dari Rote sampe Sangihe dari Sabang sampe Merauke- dalam misi sakral PANCASILA SAKTI...

Belum 1 minggu keluar dari Ende, kota di mana Bung Karno menggali Pancasila, dia -Si Bung Sila ini- jatuh bodoh-bodoh di Bajawa. 

Badan luka semua, tapi dia bangkit dan berteriak memuji TUHAN. "Syukur, saya bisa jatuh, Tuhanku." Alleluia dan dia gas ke Manggarai Timur.

Di rimba Kalimantan dia hampir mati kelaparan, dan terpaksa bermalam di atas pohon (takut ular), dan makan lumpur sebagai sarapan pagi....

Di Aceh dia terpesona oleh keramahan umat muslim yang ternyata sangat sayang dia walaupun dia bilang bahwa dia katolik....

Di Sulawesi dia diajak ngajar di mushola tentang  Pancasila...

Tapi 2 9dua) buah buku yang dia tulis sebagai refleksi atas hasil kelananya itu justru dia juduli PANCASILA DIKHIANATI...

Kok bisa, Bung Sila?

Kok gitu, Bung Sila?

Membaca ulang buku dia di hari istimewa ini, saya merinding. Gila lu, Dik!

Kalo saya Ketua Panitia di Ende, saya pasti minta orang aneh ini berorasi tentang Pancasila....***

Maumere, 1 Juni 2022.

RELATED NEWS