Suster Virgula SSpS, Ibunda Anak Cacat dan Kusta Itu, Telah Berpulang

redaksi - Senin, 27 Juni 2022 22:12
Suster Virgula SSpS, Ibunda Anak Cacat dan Kusta Itu,  Telah BerpulangSr Virgula dan anak-anak asuhannya di Panti Reahbilitas St Damian, Cancar, Manggarai. (sumber: Istimewa)

RUTENG (Floresku.com) – Kabar duka datang dari keluarga besar para suster SSpS Provinsi Flores Barat dan komunitas Panti Rehabilitas Anak Cacat dan Kusta di Cancar, Ruteng, Manggarai dan  Panti Binongko, Labuan Bajo., Manggarai Barat. 

Kabar duka ini disampaikan oleh Sr. Ma. Yohana M. Momas, SSpS, Provinsial, atas nama Tim Pimpinan Provnisi SSpS Flores Barat.

“Akulah Jalan, Kebenaran dan Hidup (Yoh. 14:8). Telang berpulang kepanguan bapa surgawi Sr Virgula Maria Schmith, SSpS pada Senin, 27 Juni 2022, pukul 05.30 Waktu Belanda di Steyl-Belanda.” 

Dalam ‘Kartu Ucapan Duka’ yang disebarkan secara online, Pimpinan dan Keluarga Besar SSpS Provinsi Flores Barat menyatakan, “Kami mengucapkan limpah terimakasih untuk segala cinta dan perhatian yang tulus kepada anak-anak cacat, kusta dan kami semua semua, para suster SSpS se-Provinsi Flores barat. Semoga Sr Virgula mengalami sukacita abadi di surga.”

Sebagai informasi, Sr Virgula SSpS adalah biarawati dan misionaris  kelahiran Grunebach Jerman 3 September 1929. Ia datang ke Indonesia  sebagai  misionris pada tahun 1965 dan mengabdikan sebagian masa hidupnya  di wilayah Manggarai, Flores. 

Almarhum adalah perintis dan pendiri Panti Rehabilitas Difabel dan Kusta St Damian, Cancar, Manggarai. Kusta St Damian dan Rumah Sakit St Rafael, yang keduanya terletak di Cancar, Ibu Kota Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai. 

Ia juga pendiri Pusat Rehabilitas serupa di Binongko, Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Karena alasan usia dan kesehatan, pada tahun 2014, ia kembali ke biara induk SSpS di Steyl, Belanda, tempat ia menetap hingga  menutup ziarah hidupnya, hari ini***

Editor: redaksi

RELATED NEWS