Vitalis Nampar: Saya Bertekad Bangun dan Majukan Desa Lewur

redaksi - Senin, 27 Juni 2022 21:12
Vitalis Nampar: Saya Bertekad Bangun dan  Majukan Desa LewurCakades Lweur, Vitalis Nampar (sumber: Istimewa)

KUWUS (Floresku.com)- -Manggarai Barat dalam waktu dekat akan menyelenggarakan pesta demokrasi yaitu pemilihan Kepala Desa Serentak untuk 102 desa. 

Panitia pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dibentuk mulai 19 Mei 2022 hingga 5 Juni 2022. Saat ini, beberapa desa sedang bahkan sudah mulai masuk pada tahap pendaftaran. 

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati, Pemilihan Kepala Desa secara serentak ini akan dilaksanakan pada 29 September 2022.

Salah satu desa yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa adalah Desa Lewur, Kecamatan Kuwus. 

Beberapa kandidat saat ini pun sedang berlomba-lomba melakukan konsolidasi untuk mencari massa pendukung.

Salah satu kandidatnya adalah seorang mantan Kepala SDK Lewur, Vitalis Nampar. 

Ia mencalonkan diri karena didukung oleh pendukungnya dalam pesta demokrasi pada bulan September nanti.

“Saya siap mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Lewur. Ini bukan hanya karena keinginan saya, tetapi betul-betul karena dorongan dan dukungan dari masyarakat Lewur. Dukungan mereka ini kemudian yang membuat saya berani untuk maju dan bertanggujawab atas kepercayaan mereka,” tegasnya. Senin, (27/06/).

 Jika terpilih nanti, ia berkeinginan membangun Desar Lewur dari keterbelakangan dan bebas dari kemiskinan.

“Kalau saya terpilih nanti, saya akan membuat Desa Lewur ini lain dari yang lain. Saya punya tekad untuk membangun dan memajukan Desa Lewur ini dari keterbelakangan. Saya prihatin, sudah lama Desa Lewur ini tertinggal dari desa lain. Saatnya Lewur ini harus maju dan menjadi desa paling unggul," ujarnya.

Tu'a Gendang, Theodorus Sudirman mengatakan, oleh orang-orang di Kampung Lewur, Vitalis dikenal sebagai guru yang disiplin, tegas, dan kerja keras. 

Ketiga hal inilah yang menonjol sehingga dirinya sangat disegani banyak orang dan didukung untuk menjadi Kepala Desa Lewur.

“Sudah lama Kraeng Tua Vitalis mengabdi sebagai guru di Kampung Lewur ini.  Kami sangat mengenal beliau. Orangnya sangat disiplin, tegas, dan kerja keras. Semangatnya tidak pernah luntur, meskipun dia sudah memasuki usia pensiun. Atas dasar itulah kami sangat mendukung dia menjadi pemimpin Desa Lewur,” ungkapnya.

Kesan senada disampaikan  Kepala Dusun Lewur, Silvester Gagut. Menurut dia ada banyak hal positif dari kepribadian Vitalis Nampar. 

Silvester yang biasa disapa Seli ini menilai Vitalis seorang yang sangat potensial. Hampir semua bidang bisa dikuasai, tidak hanya dalam bidang pendidikan, tetapi juga budaya.

“Saya sendiri melihat bapak Vitalis Nampar ini sebagai orang yang sangat potensial. Kita tidak pernah meragukan dirinya kalau menjadi seorang pemimpin. Dia bisa segalanya, mulai dari pendidikan, agama, juga soal-soal budaya. Saya yakin, kalau dia menjadi kepala desa nanti, pasti akan banyak hal yang bisa dirubah, dan tentunya Lewur ini akan lebih Maju,” ungkapnya lagi.

Mantan Kepala SDK Lewur ini cukup berpengalaman menjadi seorang pemimpin termasuk saat menjabat sebagai Kepala SDK Lewur. 

Setelah itu, ia diangkat menjadi pengawas TK-SD di beberapa sekolah di Kecamatan Kuwus. 

Ia juga selalu dipercayakan untuk menjadi ketua panitia penyelenggara dalam acara-acara tertentu. 

Namun menurut Vitalis, bukan jabatan dan kekuasaan yang dikejar jika menjadi kepala desa nanti,  dia hanya menginginkan satu hal, yaitu perubahan.

"Keinginan saya untuk menjadi kepala desa bukan untuk jabatan, apalagi kekuasaan. Sebab kalau keinginannya untuk itu, saya sudah banyak mendapat jabatan dan menjadi pemimpin di lembaga pendidikan. Saya sudah pernah jadi kepala sekolah bertahun-tahun, ditambah lagi jadi pengawas beberapa sekolah di Kecamatan Kuwus. Bukan itu sebetulnya keinginan saya. Saya sama sekali merindukan perubahan Desa Lewur,” pungkasnya. (Filmon Hasrin). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS