Tanggapi Kekecewaan Warga Desa Liang Bua, Kadis Pariwisata Manggarai: 'Itu Wajar dan Koreksi Positif'

redaksi - Selasa, 22 Februari 2022 17:07
 Tanggapi Kekecewaan Warga Desa Liang Bua, Kadis Pariwisata Manggarai: 'Itu Wajar dan Koreksi Positif'Situs Sejarah dan Destinasi Wisata Liang Bua (sumber: www.satukanegeri.com)

RUTENG (Floresku.com) --Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai, Ivridus Buntanus menanggapi kekecewaan masyarakat Desa Liang Bua terhadap letak geografis situs Liang Bua yang ditulis salah oleh Pemerintah Manggarai dan BPOLBF, Selasa, 22 Februari 2022.

Bagi Ivridus, kekecewaan masyarakat Desa Liang Bua adalah hal yang wajar dan merupakan koreksi positif.

"Kekecewaan masyarakat Liang Bua itu wajar adanya, itu merupakan koreksi positif untuk diperbaiki ke depannya", kata Ivridus.

Ia juga mengaku bahwa kekeliruan terhadap penulisan letak geografis situs bersejarah, Liang Bua itu karena kesalahan dari pihak pemerintah lebih khusus Dinas Pariwisata Manggarai.

"Kekeliruan itu ada pada kami. Batas administrasi pemerintahan sudah jelas bahwa Liang Bua itu wilayah Rahong Utara sehingga tidak perlu dipersoalkan lagi", kata Ivridus lagi.

Kadis Pariwisata Manggarai itu juga menyampaikan bahwa hal yang dipersoalkan oleh pembaca sangat benar dan sesuai fakta. Tetapi, untuk data di Dinas Pariwisata Manggarai saat ini sudah benar bahwa Liang Bua itu berada di Kecamatan Rahong Utara.

Sedangkan letak geografis yang keliru dan dikutip oleh BPOLBF itu berdasarkan dokumen yang dirilis pada tahun 2020.

Oleh karena itu, Dinas Pariwisata Manggarai akan berkoordinasi dengan BPOLBF untuk penyesuaian letak geografis Liang Bua sesuai dengan dokumen terbaru.

"Rilis tahun 2020 memang ada kekeliruan karena menyebutkan Gua Liang Bua berada di Dusun Rampasasa, Kecamatan Ruteng, sehingga kami akan koordinasikan kembali dengan BPOLBF untuk penyesuaian tentang status keberadaan Liang Bua agar sesuai dengan dokumen yang ada saat ini yakni, Liang Bua berada di Kecamatan Rahong Utara", tutup Ivridus. (Tedy N.). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS