Wakapolda Kalteng Brigjen Ida Oetari Jadi Pembicara Utama IAWP di Labuan Bajo

redaksi - Senin, 08 November 2021 14:03
Wakapolda Kalteng Brigjen Ida Oetari Jadi Pembicara Utama IAWP di Labuan BajoWakapolda Kalteng Brigjen Ida Oetari Poernamasasi menjadi pembicara utama pada IAWP Training Conference 2021di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). (sumber: Panitia Konferensi/Paul)

LABUAN BAJO (Floresku.com)-Wakapolda Kalteng Brigjen Ida Oetari Poernamasasi menjadi keynote speaker (pembicara utama) pada pembukaan Konferensi Polwan Sedunia ke 58, atau The 58th International Association of Women Police (IAWP) Training Conference 2021 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu, 07 November 2021 kemarin.

Acara IAWP itu diikuti oleh polisi wanita dari berbagai negara, tidak terkecuali Polwan Polda Kalimantan Tengah. Selain wakapolda, ada juga AKBP Siti Fauziah, Kompol Ani Maryani, Kompol Novalina Tarihoran, AKP Riama Margaretha, Ipda Anastasia Helena Rompas dan Brigpol Sri Wahyuni.

Kegiatan tersebut diawal dengan National Parade di sepanjang jalan Kota Labuan Bajo untuk memperkenalkan Assosiasi Polwan Sedunia kepada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut , Ida mengatakan tema yang diangkat yaitu 'Leadership In The Pandemic Era, The Role Of Policing In Indonesia'.

Ida juga menjelaskan tentang kepemimpinan yang kuat dan efektif dari suatu lembaga penegak hukum sebagai prinsip kepemimpinan yang sangat luas.

"Sikap positif dan tindakan tegas menjadi salah satu yang terpenting dalam penanganan krisis di suatu lembaga," katanya. 

Jenderal Bintang Satu ini melanjutkan, beberapa persepsi dan tindakan pemimpin yang perlu dilakukan yakni mengambil keputusan yang cepat dan tepat, menjalin komunikasi yang baik, proaktif dalam berkolaborasi, selalu melakukan monitoring dan evaluasi kepada setiap anggotanya.

"Dengan penyampaian ini, diharapkan kedepannya Polri dapat menangani tantangan komplek yang dihadirkan oleh pandemi Covid-19 dengan bersinergi bersama instansi terkait dan masyarakat," tuturnya. 

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Kapolri mengatakan, Indonesia sangat bangga menjadi tuan rumah dari acara yang prestisius ini karena Indonesia menjadi negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah Konferensi IAWP. ***

RELATED NEWS