Yuk Raih Beasiswa LPDP 2024, Periode Kedua Dibuka Juni

redaksi - Kamis, 14 Maret 2024 20:03
Yuk  Raih Beasiswa LPDP 2024, Periode Kedua Dibuka Juni (sumber: null)

JAKARTA (Floresku.com)- Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) kembali membuka kesempatan bagi generasi muda Indonesia yang berpotensi untuk mewujudkan impian mereka dalam mengejar pendidikan tinggi di tingkat magister (S2) dan doktor (S3) di dalam maupun luar negeri. 

Dengan persyaratan yang ketat dan seleksi yang kompetitif, para calon penerima beasiswa dihimbau untuk mempersiapkan diri secara matang agar dapat meraih peluang ini dengan sukses.

Pendaftaran Beasiswa LPDP terbagi dalam dua tahap setiap tahunnya. Tahap pertama biasanya dibuka pada awal tahun, sekitar bulan Januari hingga Februari,.

Sementara tahap kedua dibuka pada pertengahan tahun, sekitar bulan Juni hingga Juli. Informasi terkini mengenai jadwal pendaftaran dapat diakses melalui website resmi LPDP di lpdp.kemenkeu.go.id

Terkait dengan persyaratan khusus, calon penerima juga diwajibkan untuk menyertakan surat rekomendasi, proposal penelitian (untuk S3), esai, dan surat motivasi sesuai dengan program studi yang dipilih.

Dilansir dari kemenkeu.go.id, Kamis, 14 maret 2024, Proses seleksi Beasiswa LPDP melibatkan beberapa tahapan, termasuk tahap administrasi, tes bakat skolastik (TBS), dan wawancara. Oleh karena itu, disarankan kepada calon penerima untuk mempersiapkan diri dengan baik, memahami persyaratan serta program studi yang diminati, serta melatih diri dalam menjawab pertanyaan wawancara dengan baik dan meyakinkan.

Menambah wawasan dan pengetahuan umum, melatih kemampuan berbicara di depan umum, serta bergabung dengan komunitas LPDP juga dapat menjadi strategi yang baik dalam mempersiapkan diri menuju perolehan beasiswa ini.

Beasiswa LPDP bukan hanya merupakan kesempatan untuk meraih gelar pendidikan tinggi, tetapi juga merupakan investasi dalam pembangunan masa depan bangsa.

Dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, diharapkan para calon penerima beasiswa dapat mencapai prestasi yang gemilang dalam kompetisi ini, serta menjadi agen perubahan yang berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

Beasiswa LPDP menetapkan persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon penerima, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia antara 21 hingga 29 tahun untuk S2 dan 25 hingga 35 tahun untuk S3
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 untuk S2 dan 3,20 untuk S3
  4. Skor TOEFL minimal 500 untuk S2 dan 550 untuk S3 (untuk beasiswa dalam negeri)
  5. Skor minimal IELTS adalah 6.5 untuk S2 dan 7.0 untuk S3. (untuk beasiswa luar negeri)
  6. Memiliki pengalaman dalam organisasi atau kepemimpinan
  7. Menunjukkan kesehatan jasmani dan rohani
  8. Bebas dari penyalahgunaan narkoba

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 14 Mar 2024 

Editor: redaksi

RELATED NEWS