BPOLBF Dukung Pengelolaan Sampah Plastik di Labuan Bajo

Minggu, 05 Desember 2021 13:04 WIB

Penulis:redaksi

bplobf.JPG
Direktur Utama Shana Fatina dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastuktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu saat menghadiri acara serah terima Mesin Program Eco Edu Tourism Hilirisasi Pengolahan Sampah Plastik Melalui Prirolisis dari PT Astra Internasional Tbk kepada Pengurus UPS RT 12 Desa Gorontalo di SD Gorontalo, Sabtu, 4 Desember 2021. (BPOLBF)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) melalui Direktur Utama Shana Fatina,  bersama dengan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastuktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu menghadiri acara serah terima Mesin Program Eco Edu Tourism Hilirisasi Pengolahan Sampah Plastik Melalui Prirolisis dari PT Astra Internasional Tbk kepada Pengurus UPS RT 12 Desa Gorontalo di SD Gorontalo, Sabtu, 4 Desember 2021.

Saat memberi kata sambutan pada kegiatan tersebut, Vinsensius Jemadu   menyampaikan terima kasih kepada PT. Astra Internasional yang telah memberikan sumbangsih berupa mesin pengolah sampah plastik bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Badan Otorita Labuan Bajo Flores.

Vinsen juga menyampaikan akan mengawal penggunaan dan pengelolaan sampah secara periode yang dimandatkan kepada Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores.

“Saya akan minta BPOLBF untuk lakukan monitoring secara periode terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Dalam jangka pendek diharapkan ini akan jadi pilot project untuk bisa diterapkan di tempat lain, tapi ingat dalam jangka panjang kita tidak mengharapkan banyak mesin lagi, yang kita harapkan adalah sudah tidak ada sampah lagi”. Ujar Vinsensius Jemadu.

Sementara itu, Shana Fatina menyampaikan apresiasinya kepada PT Astra Internasional  Tbk atas sumbangan mesin pengelola plastik yang diberikan kepada warga Rt 12 Desa Gorontalo tepatnya di SD Gorontalo.  

Ia  mengatakan akan siap mendukung dan mengawal pengelolaan sampah plastik di Desa Gorontalo dan berharap kegiatan ini akan dapat diimpementasikan juga di 11 kabupaten wilayah Flores, Lembata Alor dan Bima.

“Kami akan siap dukung dan mengawal kegiatan pengelolan sampah plastik. Mudah-mudahan ini dapat kami replikasikan di 11 Kabupaten wilayah Flores, Lembata, Alor dan Bima karena untuk penanganan sampah plastik kresek wilayah bahari khususnya laut tidak hanya menjadi kepentingan Labuan Bajo, Wilayah Floratama tetapi juga untuk Indonesia”. Ujar Shana Fatina.

CSR Manager PT Astra Internasional Tbk, Wiyoko juga dalam sambutannya mengatakan bahwa permasalahan sampah plastik di Indonesia telah cukup lama menjadi konsen PT Astra Internasional Tbk, terlebih khusus Labuan Bajo yang telah menjadi destinasi super prioritas Indonesia saat ini. 

Ia  berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dan akan terus berkelanjutan. (Tedy N). ***