Hj. Ummu K. Dahlan Terbaik I dalam Ajang 'Anugerah Guru Madrasah Berprestasi NTT Tahun 2021'

Minggu, 17 Oktober 2021 13:27 WIB

Penulis:redaksi

Editor:Redaksi

hajah.jfif
Kepala Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTT, Pua Monto Umbu Nay, melalui Kepala Seksi GTK Ibrahim Arif menyerahhkan hadiah kepada Ummu Kalsum Dahlan, Terbaik I dalam ajang 'Anugerah Guru Madrasah Berprestasi NTT Tahun 2021. Acara penyerahaan hadiah dilaksanakan di MIS Ar Rahman Ipi Ende, Kamis, Kamis 14 Oktober 2021. (Ovend DP)

ENDE (Floresku.com)  - Direktorat Jendral Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menggelar anugerah guru Madrasah berprestasi tahun anggaran 2021.

Di provinsi Nusa  Tenggara Timur (NTT),  ajang penganugerahaan guru Madrasah berprestasi tingkat Ibtidaiyah diikuti oleh sejumlah guru. Untuk  ajang ‘Anugerah Madrasah Berperesatasi NTT Tahun 2021, '  yang terpilih sebagai guru Madrasah Terbaik I  Hj. Ummu Kalsum Haji Dahlan.

Penyerahan hadiah untuk Hj. Ummu Kalsum Dahlan sebagai Guru Madrasah Berpretasi NTT Tahun 2021 Terbaik I dilakukan oleh Kepala bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTT, Pua Monto Umbu Nay melalui Kepala Seksi GTK Ibrahim Arif. 

Baca juga: Sore Ini, Pukul 18.00 WIB, Indonesia Tantang China di Final Piala Thomas

Acara penyerahan hadiah dilaksanakan di MIS Ar Rahman Ipi, Ende, Kamis, 14 Oktober 2021, dihadiri oleh para pengawas Madrasah dan pengawas Pendidikan Islam pada Kantor Kemenag Ende, para guru/ tenaga kependidikan pengelola Laboratorium dan Perpustakaan Madrasah di Ende dan para guru, pegawai MIS Ar Rahman Ipi.

Dalam sambutannya, Kepala seksi GTK, Ibrahim Arif mengatakan, “dari bidang Pendidikan Islam NTT kami mengapresiasi prestasi yang pertama kali diraih oleh guru Madrasah tingkat Ibtidaiyah di Kabupaten Ende ini.”

"Terima kasih untuk prestasi perdana ini. Hadiahnya memang tidak seberapa. Namun, kami juga berikan sebuah sertifikat bernilai akreditasi dari Kepala bidang Pendidikan Islam," ungkap Ibrahim.

Ibrahim Arif menjelaskan bahwa ajang ‘Anugerah Guru Madrasah Berprestasi’  ini adalah kesempatan bagi semua guru dan tenaga kependidikan untuk  ikut berlomba menjadi yang terbaik.

Baca juga: Nasib Bengkel Tambal Ban Bakalan Ambruk Tahun 2024, Ini Alasannya

"Ajang ‘Anugerah Guru Madrasah Berprestasi ’ ini kita selenggarakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang setiap tahun diperingati. Guru Madrasah kita harapkan untuk berlomba- lomba dan bisa menjadi terbaik I untuk mewakili daerahnya, juga Madrasah dimana dirinya mengabdi," jelas Ibrahim.

Selain untuk menyerahkan langsung hadiah Terbaik I kepada Hj. Ummu K. Dahlan,  Ibrahim Arifmewakili Kabid Pendidikan Islam NTT,  juga memberikan sosialisasi tentang juknis ‘Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tahun 2021’. 

Seusai kegiatan di Ende, ia akan menuju ke Kabupaten Nagekeo dan Ngada untuk maksud dan tujuan yang sama.

Ditemui usai acara tersebut, Hj. Ummu Kalsum Dahlan menyampaikan bahwa dirinya merasa bahagia dan bangga atas prestasi yang diraih. Dia pun berterima kasih kepada semua pihak yang dengan caranya telah membantu.

"Terima kasih untuk semua yang terlibat, Pak. Prestasi ini tentu menjadi daya dorong bagi guru-guru muda pada Madrasah kita dari tingkat Raudatul Athfal, Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah untuk tunjukkan kemampuan dan berkompetisi. Harus selalu siap, kapan waktunya dan dimana tempatnya, harus mampu dan jadi yang terbaik," ujar Hj.Ummu Kalsum.

Baca juga: Gempa Bumi Bali: 3 Orang Meninggal, 7 Luka Berat

Sementara itu Kepala MIS Ar Rahman Ipi ini pun berharap agar penyelenggaraan kegiatan seperti ini terus berkelanjutan dari tahun ke tahun dengan semakin meningkatkan alur koordinasi dan komunikasi yang baik dari Pusat, Provinsi hingga ke Kabupaten/ Kota. 

“Hal ini akan berpengaruh juga pada persiapan, pelaksanaan dan hasil dari semua rangkaian  pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Islam, dengan lebih baik,” ujar nya.

Ajang ‘Anugerah Guru Madrasah Berprestasi’ tingkat Nasional yang diselenggarakan pada tingkat Provinsi NTT ini menjadi momentum peningkatan  guru dan tenaga kependidikan di lingkungan Madrasah. (Oyend DP). ***