Jamin Keamanan di Wilayah Laut, Polres Flores Timur Bentuk Sat Polairud

Jumat, 28 April 2023 10:09 WIB

Penulis:redaksi

Editor:redaksi

Kap Flortim.JPG
Kepolisian Resort (Polres) Flores Timur menggelar rapat koordinasi pembentukan Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Sat Polairud), Rabu 26 April 2023. (Elen K)

LARANTUKA (Floresku.com) -Demi menjamin keamanan laut, terutama untuk mencegah kegiatan penangkapan ikan secara ilegal, Kepolisian Resort (Polres) Flores Timur menggelar rapat koordinasi pembentukan Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Sat Polairud), Rabu 26 April 2023.

Kapolres Flores Timur, AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika mengatakan, pembentukan Sat Polairud ini dilakukan pasca Polda NTT melakukan studi kelayakan untuk diusulkan ke Mabes Polri.

Ia menerangkan, Sat Polairud bertugas menjaga keamanan laut dari pelbagai perilaku menyimpang dan merusak, salah satunya penangkapan ikan secara ilegal menggunakan bahan peledak.

"Ini untuk meningkatkan pengelolaan potensi kelautan, mencegah pengeboman ikan, serta mendukung kegiatan lainnya di wilayah perairan Flotim," katanya dihadapan delegasi Pemda Flotim, anggota DPRD Flotim, dan para tokoh masyarakat.

Ia mengatakan, wilayah Flores Timur yang sebagian besar terdiri dari lautan patut dijaga sehingga dapat dikelola oleh masyarakat secara optimal demi meningkatkan kesejahteraannya.

Dengan demikian, Sat Polairud menjadi suatu sistem dasar yang kuat. Selain itu, sistem ini menjadi wadah untuk merespon laporan masyarakat soal aktivitas penangkapan ikan tidak ramah lingkungan.

"Bagaimana kita bisa cepat merespon laporan atau aduan masyarakat terkait bom ikan, kalau kita tidak ada fasilitas," jelasnya.

Sementara Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Alexander Rihi diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Abdul Razak Zakra menyatakan siap mendukung dan membantu upaya pembentukan Sat Polairud Flores Timur.

"Kami sangat mendukung sepenuhnya. Apa lagi secara faktual, masyarakat sudah menghibahkan tanahnya untuk kepentingan fasilitas ini," jelasnya.

Lokasi yang akan dijadikan markas Polairud Polres Flores Timur itu bertempat di Desa Lamawalang, Kecamatan Larantuka. Jarkanya kurang lebih empat kilo meter dari Mapolres Flores Timur. (Elen K.)***