Johanes S.E. Rembong, Buka Taman Baca untuk Tingkatkan Literasi Anak di Kelurahan Rongga Koe, Matim

Sabtu, 09 Juli 2022 18:56 WIB

Penulis:redaksi

taman.JPG
Johanes S. E Rembong bersama anak-anak di depan Taman Baca yang dibangunnya di kampungnya, Kobok, Kelurahan Kelurahan Rongga Koe, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur. (Dok. VoxNtt.com)

BORONG (Floresku.com) - Johanes S. E Rembong membuka Taman Baca di kampung halamannya,  Kobok, Kelurahan Rongga Koe, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur (Matim). 

Taman Baca tersebut  ia buka secara suka rela demi meningkatkan minat baca pada anak-anak sejak usia dini.  

Menurut Yohanes,  persediaan buku, majalah, dan bahan bacaan lainnya sangat penting untuk menumbuhkan kebiasaan membaca bagi anak-anak.

Tidak seperti di perkotaan, buku sangat sulit untuk sampai ke daerah pedalaman sehingga butuh usaha keras untuk menyediakan buku tersebut.

Johanes yang saat ini masih mengenyam pendidikan di Kampus Negeri Undana Kupang itu berusaha pulang kampung untuk mendirikan Taman Baca. 

Pasalnya ia melihat anak-anak lebih memilih bermain 'game' daripada membaca buku.

“Balai baca Kobok didirikan pada tanggal 17 Juli 2021 untuk meningkatkan minat baca pada anak-anak,” ungkapnya. Jumat, 08 Juli 2022.

Ia mengaku mendapat banyak dukungan masyarakat, baik secara moral maupun materil untuk membangun Taman Baca itersebut. Namun saat ini ia masih membutuhkan sejumlah peralatan dan buku-buku agar Taman Baca menjadi lebih lengkap.

“Walaupun dukungan sangat banyak tetapi kami masih banyak kekurangan seperti buku dan juga untuk kenyamanan anak-anak seperti buku dan peralatan lain yang menunjang kecerdasan anak-anak,” ungkapnya lagi.

Ia sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah atau yayasan swasta untuk menyumbang buku bacaan. Bantuan itu diperlukan  selain untuk melengkapi kebutuhan anak, juga sebagai motivasi agar anak-anak lebih semangat membaca.

Untuk diketahui, yang berkunjung ke Taman Baca ini adalah anak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. (Filmon Hasrin). ***