MGMP Bahasa Inggris Gelar  English Debate Competition Tingkat SMA/MA Se Kabupaten Ende

Minggu, 11 April 2021 18:41 WIB

Penulis:redaksi

Linus.jpg

Ketua MGMP Bahasa Inggris SMA/MA Kabupaten Ende Marselinus Sina (kiri),  bersama Ketua Panitia Lomba Debat Bahasa Inggris  (English Debate Competition) Tingkat SMA/MA Tahun 2021, Yohanes Brechmans Rea. ( Foto Bob Sina)

ENDE(Flores.com) – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardinas)  Tahun 2021, Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP) Bahasa Inggris Tingkat SMA/MA Kabupten Ende akan menggelar Lomba Debat Bahasa Inggris ( English Debate Competition) antar SMA/MA se-Kabupaten Ende. Rapat teknis persiapan perlombaan  berlangsung di Aula SMA Taruna Vidya Ende, Sabtu (9/4).

Ketua Panitia, Yohanes Brechmans Rea (Bram) mengatakan tema English Debate Competition 2021 yaitu “Pendikan dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19”. 

“Tujuan kegiatan ini adalah  sebagai ajang untuk melatih kemampuan  berbicara Bahasa Inggris dalam menyampaikan pendapat atau argumen,  serta meningatkan cara berpikir kritis dan analitis,” katanya  kepada flores.com.

Bram mengemukakan kegiatan  English Debate Competition Tahun 2021  merupakan ajang seleksi untuk memilih satu sekolah yang akan mewakili Kabupaten Ende untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

English Debate Competition Tahun 2021 tingkat SMA/MA Kabupaten Ende tahun 2021, akan digelar secara virtual/online pada 27 April 2021. Seluruh kegiatan perlombaan berpusat di SMAN.1. Ende, yang dikoordinir oleh Ketua MKKS SMA/MA kabupten Ende, Albinus Minngu,  koordinator MGMP Bahasa Inggris SMA/MA Amideus R. Sawu, dan koordinator pengawas SMA/SMK,  Farah Aroeboesman.

Rapat teknis persiapan English Debate Competition Tahun 2021, dibuka oleh ketua MGMP Bahasa Inggris SMA/MA, Kabupaten Ende,  Marselinus Sina. 

Dalam arahan pembukaan rapat teknis English Debate Competition Tahun 20021,  Marsel Sina, menyatakan  bahwa kinerja dan  keberhasilan  guru dalam wadah MGMP bahasa Inggris  diukur dari keikutsertaan peserta dari  sekolah – sekolah dalam ajang lomba English Debate Competition Tahun 2021.

“Tentu saja yang mejadi bagian penting dari English Debate Competition  adalah bagaimana para  pelajar SMA/MA di Kabupaten Ende mengaplikasi ketrampilan berbahasa Inggris secara lisan, dengan membahas berbagai persoalan –persolan nyata yang dihadapi oleh  masyarakat baik di tingkat daerah,  bangsa dan dunia internasional,” ujarnya.

Veronika H. Bata, instruktur nasional dan fasilitator MGMP  Bahasa Inggris SMA/MA Kabupaten Ende menyambut gembira kegiatan English Debate Competition Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Inggris. 

Menurut Guru Bahasa Inggris  di SMAN.1. Ende ini, kegiatan lomba debat  memiliki manfaat positif.

”Selain , memperkuat kemampuan speaking dan listening skill, kegiatan tersebut dapat membuat para siswa menjadi lebih kritis dan  belajar bekerja dalam tim. Sebab salah satu faktor penting dalam debat adalah kemampuan menyimak yang akan digunakan untuk menyanggah argumen pihak lawan debat,” katanya. (Bob Sina)