Patung Wenawe, Simbol Leluhur Suku Komoro, Papua

Sabtu, 09 Oktober 2021 16:13 WIB

Penulis:redaksi

Patung Wenawe.JPG
Patung Wenawe di Galeri Wenawe, Paupua (Istimewwa)

JAYAPURA (Floresku.com) - Papua tak hanya dikenal dengan destinasi wisatanya yang memukau seperti Raja Ampat,  tetapi, mutiara dari timur Indonesia ini juga dikenal akan ragam suku dan budayanya yang unik.  Beberapa suku sangat luas dikenal seperti Suku Dani, Suku Asmat dan Suku Komoro. 

 Selain Suku Amungme, Suku Komoro mendiami wilayah pesisir pantai Kabupaten Mimika ini. Suku Kamoro memiliki  kekayaan budaya antara lain ritual alam, upacara adat, tarian dan lain sebagainya. Suku Komoro memiliki  tari-tarian, mereka juga dikenal dari ukirannya yang memiliki ciri khas tersendiri. 

Salah satu ukiran yang unik hasil cipta warga Suku Komoro adalah Patung Wenawe. Patung tersebut adalah karya seni ekspresi kearifan lokal yaitu penghormatan kepada para leluhur Suku Kamoro.

Menurut Hendrikus, waktu yang diperlukan untuk pembuatan patung wemawe sekitar tujuh hari.

"Patung wemawe biasa terdapat di rumah-rumah penduduk  suku Kamoro," ujarnya sebagaimana dirilis infopublik.com, Sabtu, 09 Oktober 2021. 

Selain Patung Wenaw, suku Komoro memiliki beberapa  contoh karya seni yang menjadi ikon kebudayaan Suku Kamoro seperti   Yamate (perisai), Po (dayung), Paru/Pekoro (mangkuk sagu), Eme (gendang), dan Mbitoro (totem leluhur). 

Sejumlah karya seni yang unik dan bermutu tinggi ini dipajang di Galereri Wenawe. Galeri tersebut berada di bawah naungan Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe, Kabupaten Mimika. (MLA) ***