PT Pelindo Regional 3 Maumere Gandeng Tiga Bank BUMN Adakan Kartu Cashless

Rabu, 24 Juli 2024 13:46 WIB

Penulis:redaksi

pelindu.jpeg
PT Pelindo Regional 3 Maumere Gandeng Tiga Bank BUMN Adakan Kartu Cashless (Mardat)

MAUMEREA (Floresku.com)  - PT Pelindo Regional 3 Maumere bersama tiga Bank Milik Pemerintah yaitu BNI,  Mandiri, dan BRI membentuk kerja sama layanan jasa perbankan dan pengembangan di Terminal Pelabuhan Lorens Say Maumere

Sebagai bentuk kerja sama antar perusahaan BUMN yang meliputi Transaksi  keuangan dalam Jasa Kepelabuhanan.  Dengan adanya penggadaan Kartu Cashless yang mana masyarakat di ajarkan untuk melakukan pembayaran pada single reader dengan akses pembayaran nontunai/Cashless.

Adapun kolaborasi dengan tiga bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Pemerintah merupakan strategi penting untuk menerapkan integrated e-gate system pada Terminal Pelabuhan, Penerapan ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah mengurangi peredaran uang kas.

Pada kesempatan itu Pimpinan Cabang Bank Mandiri Maumere, Herlin Apriani Rosmiyati Raga Lawa mengatakan kepada media ini mengatakan pihaknya mengapresiasi PT Pelindo yang telah menerapkan sistem payment cashless pertama di Pelabuhan Maumere.

“Dari sisi perbankan kami juga harus menyukseskan apa yang diminta oleh pemerintah, dalam hal ini adalah cashless karena untuk mengurangi peredaran uang tunai, dan juga bisa menertibkan masyarakat dalam hal pengelolaan keuangan,” kata Herlin.

Mungkin selama ini, kata dia, masyarakat ada yang belum terbiasa ke bank dan lebih banyak melakukan transaksi tunai.

Dengan penerapan payment cashless, masyarakat diharapkan mulai mengenal transaksi perbankan. Ke depannya diharapkan masyarakat lebih maju dalam transaksi perbankan.

“Dan lebih maju lagi dengan kabupaten lain,” imbuh Herlin.

Ia menambahkan, biaya kartu cashless dari Bank Mandiri sebesar Rp27.500 untuk pembelian kartu tanpa saldo. Untuk pengisian saldo bisa diakses melalui mandiri ATM dan agen yang tersebar di Maumere.

“Kami juga bisa mempromosikan e-banking kami yakni Livin by Mandiri, sehingga bisa langsung top up melalui e-banking Mandiri. Kalau sudah punya rekening Mandiri dan sudah ada saldonya bisa langsung top up sendiri di handphone masing-masing,” jelasnya.

Pimpinan BNI Maumere, I Gede Widiartha mengatakan, untuk biaya pembukaan kartu cashless hampir sama dengan Bank Mandiri. Namun untuk proses saldo di dalam kartu cashless maksimal 2 juta rupiah.

“Artinya di dalam kartu cashless itu ada uang tunai Rp2 juta bisa diakses memulai SuperApp BNI, yakni Wondr by BNI. Bisa juga diakses melalui ATM, kantor cabang dan juga counter agen BNI 46,” jelasnya.

Bagi dia, penerapan payment cashless oleh Pelindo bertujuan membantu masyarakat untuk mempermudah proses transaksi masuk pelabuhan.

“Dengan peralihan tunai ke non tunai ini sudah saatnya masyarakat bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” ujar Widiartha.

Bidang Lalu Lintas Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Lorens Say, Messak Soru mengatakan, pihaknya mendukung penerapan sistem payment cashless yang dilakukan oleh Pelindo demi kemajuan Pelabuhan Lorens Say Maumere.

“Bentuk dukungan dari KSOP, kita bantu personel, sekaligus bantu sosialisasikan terkait penerapan payment cashless di Pelabuhan Lorens Say Maumere,”.

Hingga saat ini para pengguna cashless sudah mencapai ratusan dari berbagai kalangan.

Di akhir wawancara dengan Media ini. General Manager Pelindo Regional 3 Maumere Erry Ardiyanto mengatakan program ini akan berjalan apabila semua unsur mendukung baik dari pemerintah daerah stake holder dan masyarakat pungkasnya. (Mardat). ***