Renungan Harian Katolik, Senin Pekan Biasa XI, 13 Juni 2022: Memberikan Pipi Lainnya

Senin, 13 Juni 2022 09:36 WIB

Penulis:redaksi

Editor:redaksi

YESUS3.JPG
Ilustrasi Injil Matius 5: 39 (My Catholic Life)

Peringatan Santo Antonius dari Padua, Imam dan Dokter
“Tetapi Aku berkata kepadamu, jangan berikan perlawanan kepada orang yang jahat. Ketika seseorang memukul pipi kananmu, berikan yang lain padanya juga.” Matius 5:39

Ini adalah ajaran yang sulit untuk diterima!

Apakah Yesus benar-benar bermaksud demikian? Seringkali, ketika berada dalam situasi di mana seseorang berbuat salah atau menyakiti kita, kita dapat cenderung langsung merasionalisasi perikop Injil ini dan menganggapnya tidak berlaku untuk kita.

Ya, itu adalah ajaran yang sulit untuk dipercaya dan bahkan lebih sulit untuk dijalani.

Apa artinya "membalikkan pipi yang lain?" Pertama, kita harus melihat ini pada tingkat literal. Yesus benar-benar bersungguh-sungguh dengan apa yang Dia katakan. 

Dia adalah contoh sempurna untuk ini. Tidak hanya pipinya ditampar, Dia juga dipukuli secara brutal dan digantung di kayu salib. 

Dan tanggapan-Nya adalah, “Bapa, ampunilah mereka, mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Karena itu, Yesus tidak memanggil kita untuk melakukan apa pun yang Dia sendiri tidak mau lakukan.

Memberi pipi yang lain tidak berarti bahwa kita perlu menutupi tindakan atau kata-kata kasar orang lain. 

Kita tidak boleh berpura-pura bahwa mereka tidak melakukan kesalahan apa pun. Yesus sendiri, dalam mengampuni dan meminta Bapa untuk mengampuni, mengakui ketidakadilan besar yang Ia terima di tangan orang-orang berdosa. 

Tetapi kuncinya adalah bahwa Dia tidak membiarkan diri-Nya terseret ke dalam kejahatan mereka.

Sering kali, ketika kita merasa seperti orang lain melemparkan lumpur ke arah kita, sehingga untuk berbicara, kita tergoda untuk melemparkannya kembali. Kita tergoda untuk melawan dan mendorong si penindas kembali. 

Tetapi kunci untuk mengatasi kedengkian dan kekejaman orang lain adalah dengan menolak untuk ditarik ke dalam lumpur. 

Memberi pipi yang lain adalah cara untuk mengatakan bahwa kita menolak merendahkan diri kita menjadi pertengkaran atau pertengkaran yang bodoh. Kami menolak untuk terlibat irasionalitas ketika kita menghadapinya. 

Sebaliknya, kita memilih untuk membiarkan orang lain mengungkapkan kebencian mereka kepada diri mereka sendiri dan orang lain dengan menerima dan memaafkan secara damai.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa Yesus ingin kita terus-menerus hidup dalam hubungan yang kasar yang lebih dari yang bisa kita tangani. 

Tetapi itu berarti bahwa kita semua akan menghadapi ketidakadilan dari waktu ke waktu dan kita perlu menanganinya dengan belas kasihan dan pengampunan segera, dan tidak tertarik untuk membalas kejahatan demi kejahatan.

Renungkan, hari ini, pada hubungan apa pun yang sulit bagi Anda. Terutama renungkan betapa siapnya Anda untuk memaafkan dan memberikan pipi yang lain. 

Melakukan ini mungkin hanya memberi Anda kedamaian dan kebebasan yang Anda cari dalam hubungan itu.

Tuhanku yang Maha Pengampun, bantulah aku untuk meneladani rahmat dan ampunan-Mu yang besar. Bantu saya untuk memaafkan mereka yang telah menyakiti saya dan bantu saya untuk bangkit dari ketidakadilan yang saya temui. Yesus, aku percaya pada-Mu.

Sumber: May Catholic Life. ***