SERI ORANG KUDUS, 21 September: Santu Matius, Rasul dan Penginjil

Selasa, 21 September 2021 10:31 WIB

Penulis:redaksi

Editor:Redaksi

st matius.JPG
St. Matius (Ist)

OlehRD Egidius Pareira
 


Para Rekan Klerus
Para Saudaraku terkasih
Selamat Selasa Pagi

Santu Matius lahir di Kapernaum daerah Galilea. Hidup pada abad pertama Masehi. Ayahnya bernama Alfeus. Nama aslinya Lewi. Ia berpendidikan. Ia bekerja sebagai Pemungut Pajak. Ia mendapat Panggilan khusus,  dari Kantor Pajak, dan dipilih sebagai Anggota dari 12 Rasul. 

Santu Matius digambarkan dengan simbol seorang Manusia Ilahi, Manusia bersayap, sebab Injilnya menekankan kedatangan Yesus ke dalam dunia ini pertama-tama dengan menyajikan Silsilah Pohon KeturunanNya: "Inilah Silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham". Di sini nampak sosok manusiawi Yesus lebih ditampilkan daripada sosok IlahiNya. 
"Yesus berkata kepadaNya: Ikutlah Aku.Maka berdirilah Matius lalu mengikuti Dia" (Matius 9,9)

Marilah kita berdoa. Ya Allah Bapak Sumber Kebijaksanaan. Demi KehendakMu yang tidak terselami, Engkau telah membuka pikiran Matius Pemungut Cukai untuk segera menjawabi Panggilan PuteraMu, dan dipilih menjadi RasulNya. Biarkanlah kami, dengan pertolongan Teladan dan Doanya, Engkau perkenankan selalu memperbaharui jawaban kami mengikuti PuteraMu dan setia erat berpegang teguh padaNya. 

Ya Santu Matius, Rasul dan PengInjil, bantu kami. Biarkanlah kami, selalu menghayati Warta Injil tulisanmu dan terlebih membangun hidup kami selaras Pesan Wartamu. Amin. 
🎹
Selamat beraktifitas
Semoga sehat selalu. Horas. 
✝️
(Oppung) RD Egidius Pareira, Pastor Paroki Sta. Magdalena Sofia Barat Kombandaru, Ende