Shinzo Abe, Mantan Perdana Menteri Jepang, Ditembak Saat Berpidato di Kota Nara

Jumat, 08 Juli 2022 11:01 WIB

Penulis:redaksi

Editor:redaksi

Mantan.JPG
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak di kota Nara. (Yoshio Tsunoda/AFLO/REX/Shutterstock)

NARA-JEPANG (Floresku.com) - Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri jatuh  pingsan setelah terdengar suara tembakan,  saat dia berbicara di Kota Nar, Jepang, Jumat, 08 Juli 2022, pagi, waktu setempat.

Shinzo Abe berada dalam "keadaan serangan jantung" setelah pingsan saat berpidato, dengan laporan awal mengatakan suara tembakan terdengar tak lama sebelum dia jatuh ke tanah.

Mengutip kantor Bertita Jepang, NHK, penyiar publik Jepang, mengatakan Abe - perdana menteri terlama di negara itu sampai dia mengundurkan diri pada 2020 - tampak berdarah dari dada setelah ditembak dari belakang dengan senapan.

NHK mengatakan seorang pria berusia 40-an telah ditahan tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Seorang saksi serangan mengatakan kepada penyiar bahwa tembakan pertama menyebabkan Abe tersandung ke belakang, menambahkan bahwa dia jatuh ke tanah setelah tembakan kedua.

Rekaman video amatir menunjukkan ajudan Abe bergegas ke arahnya saat asap memenuhi udara di belakangnya. Klip tidak menunjukkan saat dia jatuh.

Orang-orang bersenjata yang dicurigai dilaporkan tidak berusaha melarikan diri dan ditahan di tempat kejadian.

Abe, yang diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter, telah berada di kota Nara untuk menyampaikan pidato kampanye menjelang pemilihan majelis tinggi hari Minggu ini. 

Nara adalah ibu kota Prefektur Nara. Kota ini terletak di bagian utara Prefektur Nara, dan berbatasan dengan Prefektur Kyoto. Nara merupakan salah satu kota wisata yang ramai di Jepang.(Silvia) ***