Anggota DPRD Provinsi NTT dari PAN, Yeni Veronika: 'Program Vaksinasi Harus Segera Dituntaskan'

redaksi - Selasa, 21 Desember 2021 12:05
Anggota DPRD Provinsi NTT dari PAN, Yeni Veronika: 'Program Vaksinasi Harus Segera Dituntaskan'Anggota DPRD Provinsi NTT Yeni Veronika (duduk, tengah) bersama pimpinan Puskesamas Wae Nakeng dan apar Desa Liang Sola disela-sela kegiatan Vaksinasi, Senin, 20 Desember 2021. (sumber: Jivansi)

WAE NAKENG (Floresku.com) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTT dari Partai Amanat Nasional (PAN), Yeni Veronika memantau secara langsung pelaksanaan Vaksinasi Covid -19 bertempat di halaman depan Kantor Desa Liang Sola, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Senin 20 Desember 2021.

Kegiatan vaksinasi tersebut  diinisiasi DPD PAN Manggarai Barat dalam kordinasinya dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Wae Nakeng. 

Dalam sambutannya, Yeni Veronika  mengatakan bahwa dalam rangka menangani pandemi Covid-19, tentunya dibutuhkan bantuan dan perhatian dari banyak pihak, termasuk juga dari Fraksi PAN. 

Hal ini dianggap penting karena pelaksanaan vaksinisasi selama ini nampakmya belum maksimal.

"Fraksi PAN memberikan perhatian yang sama agar vaksinisasi ini bisa segera tuntas. Dalam artian bahwa semua masyarakat di Desa itu sudah mendapat vaksin," ungkap Yeni Veronika.

Anggora DPRD Pronvinsi NTT dari PAN Yeni Veronika  sedang memberikan kata sambutan. (Foto: Jivansi)

Lebih lanjut, Yeni Veronika menyebutkan dua alasan penting mengapa Fraksi PAN mengambil bagian dalam membantu pemerintah untuk menuntaskan program vaksinisasi hingga ke desa-desa. 

Pertama, soal anggaran. Yeni mengatakan bahwa vaksinisasi ini terlaksana dengan baik dan tuntas untuk seluruh masyarakat NTT hingga ke desa-desa, supaya ke depannya, Covid-19 tidak lagi berdampak pada anggaran-anggaran yang ada,  baik itu APBD II, APBD II termasuk di APBN.

"Selama pandemi Covid-19, ada Banyak anggaran pada program-program pemerintah yang di refocusing. Dananya dialihkan untuk Penanganan pandemi Covid-19. Nah, dengan adanya vaksin yang dilaksanakan sampai tuntas atau seluruh masyarakat sudah divaksin, maka kondisi pandemi Covid-19 tidak akan berdampak pada anggaran lagi, seperti saat masyarakat belum mendapatkan vaksin," cetus Yeni.

Kedua, terpenuhnya bantuan masyarakat. Dikatakan Yeni bahwa dengan tuntasnya vaksinisasi pada seluruh masyarakat NTT, program apa saja atau bantuan apa saja untuk masyarakat itu bisa terpenuhi, baik dari alokasi anggaran mulai dari APBD I, APBD II sampai APBN.

"Itulah alasan Fraksi PAN mengambil bagian dalam membantu pemerintah untuk menyelesaikan dan menuntaskan program vaksinisasi di masyarakat hinga ke desa-desa," tegasnya.

Anggora DPRD Pronvinsi NTT dari PAN Yeni Veronika memantau pelaksanaan vaksinasi di halaman Kantor Desa Liang Sola, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat,  Senin 20 Desember 2021. (Foto: Jivansi)

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Fraksi PAN Manggarai Barat Inocentius Peni mengatakan, untuk Kabupaten Manggarai Barat, jumlah vaksin sebanyak 1000 dosis. Itu dibagi dalam tiga wilayah kecamatan sesuai dengan persentase masyarakat yang belum terjangkau vaksin.

"Dan hari ini kami melaksanakannya di Desa Liang Sola dengan total vaksin sebanyak 350 dosis. Puji Tuhan, target 350 itu, semuanya bisa terlayani dengan baik," ungkap Inocentius.

Lebih lanjut, Inocentius menyampaikan harapannya agar masyarakat tetap mengikuti himbauan yang disampaikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana diinstrukan oleh pemerintah.

"Harapan Kita tidak hanya terkait vaksin tetapi penerapan protokol kesehatan yang diwajibkan oleh pemerintah juga bisa diterapkan dengan baik oleh masyarakat dan semua kalangan. Sehingga tahun 2022 dan seterusnya, program-program pembangunan pemerintah tidak lagi terhambat oleh karena pandemi Covid-19," ungkap Inocentius.

Mengakhiri pembicaraannya, Inocentius menyampaikan terimakasih atas kehadiran anggota DPRD Provinsi NTT, Yeni Veronika yang berkesempatan hadir untuk memantau dan menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut.

"Hari ini kami juga berterima kasih karena saudari kami anggota DPRD provinsi NTT Yeni Veronika berkesempatan hadir membantu kami di DPD untuk bersama-sama memantau dan menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kehadiran Ibu Yeni juga merupakan berkat untuk desa ini karena Pak Kades bisa bertemu dan berdiskusi langsung terkait apa yang bisa dibantu di desa ini," pungkasnya.

Senada dengan itu, Adrianus Harsi selaku Kades Liang Sola dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas inisiasi yang dilakukan oleh partai PAN dalam membantu pemerintah Desa Liang Sola, khususnya dalam menyukseskan program vaksinasi.

"Dan selama ini kami selalu mengharapkan koordinasi, baik itu dilakukan oleh partai maupun stakeholder lain di lingkungan pemerintah untuk mewujudkan mimpi dan
kerinduan masyarakat menuju desa sehat, Indonesia pulih bisa benar-benar terjadi dan terlaksana dengan baik, salah satunya seperti yang dilakukan pada hari ini. Dan bersyukur bahwa masyarakatnya begitu antusias," cetusnya.

Menutup pembicaraannya, Adrianus menyampaikan terimakasih atas kehadiran Ibu Yeni Veronika selaku Anggota DPRD ProvinsI NTT dari Faksi PAN. Baginya, itu merupakan sesuatu yang sangat luar biasa dan diluar dugaannya.

"Yang saya tahu hanya keluarga besar PAN Manggarai Barat. Ternyata, saya dan kita yang hadir di sini juga dikunjungi oleh keluarga besar PAN dari Provinsi. Ini juga luar biasa," ungkap Adrianus.

Informasi yang dirangkum jurnalis media ini menyebutkan bahwa kegiatan vaksinasi tersebut dilangsungkan sejak pukul 09.00 pagi. Adapun, kegiatan tersebut dihadiri juga oleh tim gugus tugas kecamatan Lembor, aparat keamanan, Polisi dan tentara dari Polsek dan Koramil Lembor, serta petugas kesehatan daru PKM Wae Nakeng. (Jivansi). ***

RELATED NEWS