Bupati Andreas Agas Luncurkan Sentra IKM Rana Tonjong sebagai Zona Ekonomi Kreatif Kabupaten Matim

redaksi - Selasa, 15 Februari 2022 16:36
Bupati Andreas Agas Luncurkan Sentra IKM Rana Tonjong sebagai Zona Ekonomi Kreatif Kabupaten MatimBupati Matim, Andreas Agas saat memberikan sambutan pada acara peluncuran IKM, Senin, 14 februari 2022. (sumber: Filmon Hasrin)

BORONG  (Floresku.com)- Bupati Manggarai  Timur Andreas Agas meluncurkan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Rana Tonjong sebagai Zona Ekonomi Kreatif Kabupaten Manggarai Timur (Matim) pada Senin, 14 Februari 2022.

Acara peluncuran Sentra IKM  Rana Tonjong berlangsung di halaman Sentra IKM, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong.

Acara tersebut diadakan bertepatan dengan Hari Valentine dan Hari Ulang Tahun pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Matim, Andreas Agas dan Stefanus Jaghur yang jatuh pada 14 Februari.

Pada kesempatan itu Bupati Andreas Agas mengatakan tiga  tahun sejak 14 Februari 2019, waktu bergerak cepat dan terasa begitu singkat. 

‘Tiga tahun kita berada dalam perahu yang sama yaitu perahu Kabupaten Matim. Ada gelombang, pasti. Ada tawa, ada air mata, dan ada luka. Hari ini kita masih bisa berdiri tegak. Semua itu karena satu alasan yaitu cinta, kasih, dan sayang,’ ujarnya.

"Kata pemazmur, kasih itu sabar, kasih itu murah hati, kasih itu tidak boleh marah, kasih itu tidak boleh dendam, kasih itu tidak boleh sombong dan kasih itu tidak boleh dengki," ungkap Bupati Ande.

Menurut Bupati Ande, tak seorang pun yang menduga bahwa ada badai Covid-19 memporakporandakan sendi-sendirkehidupan. Jika diceritakan miris rasanya. Karena sebagian dana untuk pembangunan seperti lapen dan hotmix dipangkas untuk penanganan Covid-19.

"Sebelum covid kita punya janji manis banyak sekali. Saya ingat dulu janji saya, kita tetap tegakan 10 km lapen perkecamatan. Tetapi pada tahun 2020 dana kita direfocusing dan beberapa paket dibatalkan," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, peperangan melawan Covid-19 betul-betul tanpa persiapan. Ia juga mengingatkan agar jangan jadikan bencana sebagai alat politik dan alat untuk saling menekan, karena itu mengangkang etika politik sama dengan merendahkan martabat masyarakat.

Bupati Ande justru menyikapi persoalan tersebut dengan hati, tidak harus marah apalagi dendam. Menurut dia, cinta yang membesarkan kita dari rasa dendam, marah, dan benci. Sehingga Valentine menjadi dasar hidup agar bekerja dengan hati. 

Live Music Risma Rani. (Foto: Filmon Hasrin).

"Secara kebetulan kami dilantik pada 14 Februari bersamaan dengan Valentine. Mungkin ini yang menjadi dasar saya harus kerja dengan hati, makanya saya tidak pernah marah dan dendam," ungkapnya lagi.

Sentra IKM Rana Tonjong sebagai Zona Ekonomi Kreatif

Menurut Bupati Ande sentra IKM adalah peluang bagi masyarakat untuk membuka usaha termasuk kafe. Ruang tersebut terbuka untuk publik dan bisa dimanfaatkan secara maskimal. Ia berkomiten agar Sentra IKM Rana Tonjong bermanfaat bagi banyak orang.

"Ini ruang terbuka untuk publik. Silakan pakai dan manfaatkan ruang semaksimsl mungkin. Komitmen kami tempat ini bisa bermanfaat bagi banyak orang," jelasnya.

Ia pun berjanji, setiap hari Jumat berkunjung ke Sentra IKM dan bertemu masyarakat. Tempat tersebut juga disewa namun tidak seperti menyewa lahan swasta.

"Setiap hari Jumat kami dengan pa wakil berkunjung untuk bertmu masyarakat di tempat ini. Mesti disewa juga tetapi tidak seprti sewa lahan swasta. Tidak. Masa pakai tanpa sewa. Tentu sewa," tutupnya.

Untuk diketahui, acara launching berjalan dengan lancar dan taat protokol kesehatan (Prokes). Kemudian dalam selingan acara, live music Yance Andur, Pompy Jehaun,  Tommy Sarjon, Marto Brother's, dan Risma Rani. (Filmon Hasrin). ***

RELATED NEWS