HAB ke-76: Nikolaus Nuka Sebut Kemenag Hadir Sebagai Payung Teduh

redaksi - Rabu, 05 Januari 2022 15:33
HAB ke-76: Nikolaus Nuka Sebut Kemenag Hadir   Sebagai Payung TeduhSusasana upacara bendera peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama tingkat Kabupaten Ende diselenggarakan di MIN 1 Ende, Senin, 03 Januari 2022. (sumber: Humas Kemenag Kab.Ende)

ENDE  (Floresku.com) - Upacara bendera peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 76 Kementerian Agama tingkat Kabupaten Ende tahun 2022 diselenggarakan di MIN 1 Ende, Senin, 03 Januari 2022. 

Bertindak sebagai Paskibraka  adalah siswa siswi SMAK Negeri Ende sebanyak 16 orang. Mereka dilatih oleh Perintis Nababan, anggota Polsek Ndona.

Upacara bendera tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai ASN, PPNPN, GTT, dan peserta didik pada Madrasah dan SMAKN Ende, pada lingkungan Kantor Kemenag Ende. Hadir juga, para purnabakti, pimpinan BNI Cabang Ende, BRI Ende, Koperasi Karya Duta, Koperasi Sangosay Ende dan Pimpinan PT. Erlangga Ende serta warga Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ende.

Kepala Kantor (Kakan), Nikolaus Nuka selaku pembina upacara membacakan Pidato Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas pada Peringatan HAB ke 76. 

"Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi dan NKRI untuk tetap dalam jalurnya", ungkap Nikolaus Nuka.

Niko menjelaskan bahwa, Kementerian agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), serta unsur masyarakat lainnya. Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragama pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

Nikolaus Nuka dalam pidato Menag RI yang dibacakannya tersebut juga menyebutkan bahwa, prestasi yang telah dicapai oleh Kementerian Agama merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kemenag serta saudara sekalian.

 "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan dan kinerja Kementerian Agama", tulis Menag dalam Pidato itu. 

Lanjut dikatakan bahwa, di usia yang ke 76 ini Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. 

"Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas," lanjutnya. 

Disela pelaksanaan upacara tersebut, Kakan Nikolaus Nuka yang didampingi Kasubag TU, Nikolaus Nama Payon dan para Kepala Seksi/ Penyelenggara membuka dengan resmi rangkaian perlombaan dalam rangka memeriahkan HAB 76 tingkat Kabupaten Ende yang ditandai dengan pelepasan balon dengan membawa tulisan 'Kementerian Agama RI, HAB 76 tingkat Kabupaten Ende', bunyi sirena dan letusan kembang api. 

Dalam upacara tersebut acara penyerahan cendramata, tanda kasih para pegawai pada salah satu ASN yang purnabakti pada tahun 2021, a.n. Aloysius Hari, S.Ag. jabatan Kepala Seksi Urusan Agama Katolik Kantor Kemenag Ende.

Peringatan HAB KE-76 dimeriahkan oleh paduan suara, siswa dan siswi dari SMAK Negeri Ende sebanyak 324 orang. Juga ada acara selingan dari MIN 4 Ende, vocal solo para pegawai ASN Kemenag Ende dan DWP Kemenag Ende.  (Oyend DP).***

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS