RAT KPRI Tahun Buku 2021. Wabup Ende minta Koperasi Tidak Hanya Soal Simpan Pinjam Tapi Harus Ciptakan Unit Lain

redaksi - Sabtu, 19 Maret 2022 12:05
RAT KPRI Tahun Buku 2021. Wabup Ende minta Koperasi Tidak Hanya Soal Simpan Pinjam Tapi Harus Ciptakan Unit LainWakil Bupati Ende Saat Menyerahkan Sertifikat Hasil Penilaian Koperasi (sumber: Rian)

ENDE (Floresku.Com) - Indikator keberhasilan sebuah koperasi tentunya dilihat dari sejauh mana perubahan tingkat kehidupan serta kesejatraan anggota sebelum dan sesudah berkoperasi. 

Ungkap Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede saat membuka kegiatan RAT Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kabupaten Ende Tahun Buku 2021.

Koperasi yang mewadahi para anggota dengan latar belakang ekonomi yang bervariasi agar mampu mentimulasi bertumbuhnya minat motivasi para anggota untuk mengembangkan ekonomil rill yang sesuasi dengan kondisi dan kapasitasnya masing - masing.

"Koperasi tidak hanya soal simpan pinjam tapi harus ada inovasi untuk menciptakan unit-unit lain untuk kesejatraan koperasi dan anggota".

Selain itu koperasi tidak hanya membangun strategis dan rencana kerja untuk membesarkan lembaganya saja, tetapi lebih fokus membangun aktivitas nyata untuk membangun ekonomi anggota.

Pemerentah kabupaten Ende menyampaikan apresiasi terhadap Koperasi KPRI kabupaten Ende yang telah mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Ende.

Wakil Bupati Kabupten Ende, Erikos Emanuel Rede Saat Memberikan Sambutan (Foto: Rian).

Sementara itu, Ketua KPRI kabupaten Ende Vitalianus Pio saat membacakan sambutan mengatakan bahwa, anggota sebagai pemilik dan sebagai pengguna jasa koperasi adalah kekuatan utama dengan peran dan posisi strategis dalam Koperasi. 

Kita harus optimis dan bertekad secara bersama untuk perkembangan koperasi walaupun disana sini masih dilanda pandemik Covid-19.

RAT merupakan suatu bentuk kepatuhan dan tanggung jawab sebagai komponen organisasi dalam melaksanakann kewajiban dan hak sebagai pengurus dan pengawas untuk mempertanggung jawabkan kepada anggota, baik bidang kelembagaan maupun bidang usaha dan keuangan koperasi tahun buku 2021.

Lanjut Vitalianus tema RAT tahun buku 2021 kali ini "menyatukan kekuatan bersama untuk mewujudkan KPRI kabupaten Ende yang tangguh dan mandiri" bertujuan untuk mendorong kita baik pengurus, pengawas, maupun anggota untuk lebih bersama membesarkan koperasi ini.

"Kita harus optimis dan bertekat secara bersama untuk perkembangan koperasi walaupun disana sini masih dilanda adanya pandemik covid-19 menerpa wilayah kita".

Perlu kita ketahui di empat tahun terakir kita tidak lagi malakukan pinjaman dari pihak ketiga, artinya koperasi kita sudah bisa mengelola keuangan sendiri. Karena kesadaran anggota untuk mengembalikan pinjaman sudah semakin baik. 

Sehingga aset koperasi kita akir tahun 31 Desember 2021 sebesar Rp.16.054.552.024.25 di bandingakan dengan tahun 2020 sebesar Rp 15.397.309.031.57. Sehingga Ada peningkatan sebesar Rp 657.242.992.66 atau 4,27 persen. (Rian) ***

RELATED NEWS